Persiapan Singkat, Saelany Sukses Hibur Masyarakat Kota Pekalongan

Kota Pekalongan, Info Publik - Walikota Pekalongan, Saelany Mahfudz sukses memerankan lakon sebagai ayah Joko Kendhil, dalam pagelaran kethoprak di Gor Jetayu, Senin (17/12) malam. Acara yang digelar berkat kerjasama antara Dinparbudpora, Dewan Kesenian Kota Pekalongan, hingga Pekalongan Creative City Forum ini mengangkat lakon "Joko Kendhil". Dikisahkan, Joko Kendhil sebagai anak yang terlahir dengan kelainan dan ciri khasnya yang membawa kendhil. Saelany tidak sendirian berlakon diatas panggung, ia ditemani Asisten Pembangunan, Sri Wahyuni yang berlakon sebagai istrinya, alias ibunda Joko Kendhil.

 

Siapa sangka, pagelaran kethoprak yang berhasil menyedot animo masyarakat Kota Pekalongan itu ternyata persiapannya singkat. Dari Kepala Dinparbudpora, Sutarno menjelaskan, persiapannya hanya setengah bulan. Tidak sekedar menghibur, ada pesan tersendiri dari tampilnya Walikota Pekalongan dalam pagelaran kethoprak tersebut. Ketika Sambutan, Saelany mengutarakan maksud terselenggaranya pagelaran. Tidak lain adalah guna melestarikan budaya yang ada di Kota Pekalongan, serta mengenalkannya kepada anak muda.

 

Seirama dengan itu, Kepala Dinparbudpora, Sutarno juga berharap, melalui pagelaran ini generasi sekarang tidak melupakan budaya. "Kita itu nguri-nguri budaya, jadi jangan sampai generasi sekarang tidak melupakan budaya," jelas Sutarno. Dari pertunjukan tersebut, Sutarno ikut mewanti-wanti masyarakat agar mencintai budayanya sendiri. "Harapannya masyarakat mencintai budayanya sendiri, jangan sampai budaya dari luar. Karena budaya sendirilah yang sesuai dengan kehidupan masyarakat kita," tambahnya.

 

Penonton cukup antusias mengikuti pagelaran kethoprak tersebut. Terbukti hingga ada yang rela berdiri karena tidak kebagian kursi, demi menonton Walikota Pekalongan beraksi diatas panggung. Salah seorang warga, Suwono merasa senang menyaksikan pertunjukan tersebut. "Ya bagus, itu ada pak walinya ikut tampil juga," pungkas Suwono.

 

(Tim Info Publik, Kominfo Pekalongan)