Perluas Pangsa Pasar, Pelaku UKM Diajak Buat Katalog Produk Menarik

Mendukung perkembangan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kota Pekalongan di tengah kemajuan teknologi digital, Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM (Dindagkop-UKM) menggelar workshop pembuatan konten digital promosi produk unggulan selama 2 hari, 6-7 Agustus 2024, berlangsung di aula Kantor Dindagkop-UKM setempat.
Kepala Dindagkop-UKM Kota Pekalongan, Supriono melalui Kepala Bidang Perdagangan, Fitria Yuliani Kartika usai pembukaan workshop, Selasa (6/8/2024) menyebutkan sebanyak 30 pelaku usaha binaan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) dan TP PKK Kota Pekalongan bergerak di bidang batik, fashion batik dan kuliner diikutsertakan dalam kegiatan tersebut.
Dijelaskan Fitri, para peserta akan diajarkan cara membuat konten visual berupa foto produk, membuat infografis produk dan desain menggunakan aplikasi canva.
“Target kami UKM bisa membuat katalog produk yang menarik untuk diupload pada platform pemasaran digital mereka masing-masing untuk memperluas pangsa pasar dan membranding merk produk mereka. Sehingga masyarakat lebih percaya dan tidak ragu membeli produk UKM lokal,” terangnya.
Lebih lanjut, dikatakan Fitria bahwa workshop pemasaran online rutin digelar oleh Pemerintah Kota Pekalongan. Di tahun sebelumnya digelar pelatihan pemasaran online dengan pemanfaatan platform digital seperti shopee, facebook dan tiktok shop sedangkan pada tahun ini mengikuti perkembangan digital, UKM diberikan bekal pembuatan konten digital menggunakan canva.
“Untuk tindak lanjutnya, di tahun depan rencananya akan ada katalog produk unggulan kota pekalongan yang nantinya akan kita promosikan ketika pameran lokal, nasional atau internasional. Harapan kami produk UKM bisa go global,” tutupnya.
(DINKOMINFO KOTA PEKALONGAN)
Kepala Dindagkop-UKM Kota Pekalongan, Supriono melalui Kepala Bidang Perdagangan, Fitria Yuliani Kartika usai pembukaan workshop, Selasa (6/8/2024) menyebutkan sebanyak 30 pelaku usaha binaan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) dan TP PKK Kota Pekalongan bergerak di bidang batik, fashion batik dan kuliner diikutsertakan dalam kegiatan tersebut.
Dijelaskan Fitri, para peserta akan diajarkan cara membuat konten visual berupa foto produk, membuat infografis produk dan desain menggunakan aplikasi canva.
“Target kami UKM bisa membuat katalog produk yang menarik untuk diupload pada platform pemasaran digital mereka masing-masing untuk memperluas pangsa pasar dan membranding merk produk mereka. Sehingga masyarakat lebih percaya dan tidak ragu membeli produk UKM lokal,” terangnya.
Lebih lanjut, dikatakan Fitria bahwa workshop pemasaran online rutin digelar oleh Pemerintah Kota Pekalongan. Di tahun sebelumnya digelar pelatihan pemasaran online dengan pemanfaatan platform digital seperti shopee, facebook dan tiktok shop sedangkan pada tahun ini mengikuti perkembangan digital, UKM diberikan bekal pembuatan konten digital menggunakan canva.
“Untuk tindak lanjutnya, di tahun depan rencananya akan ada katalog produk unggulan kota pekalongan yang nantinya akan kita promosikan ketika pameran lokal, nasional atau internasional. Harapan kami produk UKM bisa go global,” tutupnya.
(DINKOMINFO KOTA PEKALONGAN)