Peringati HUT Korpri ke-47: SDM ASN Harus Ditingkatkan

Kota Pekalongan, Info Publik - Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kota Pekalongan mengikuti upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-47 Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) dan HUT ke-19 Dharma Wanita Persatuan, di Lapangan Mataram, Setda Kota Pekalongan, Kamis (29/11).

Pada peringatan ini ditekankan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) ASN dan inovasi dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Kota Pekalongan.

 

Walikota Pekalongan, HM Saelany Mahfudz SE menjadi inspektur upacara yang dihadiri oleh Forkopimda, SKPD, Dharma Wanita Kesatuan, dan anggota Korpri di Kota Pekalongan. Pada upacara ini diberikan penghargaan bagi para pemenang serangkaian lomba HKN, Germas, lomba HUT Korpri, dan bantuan pendidikan bagi siswa di Kota Pekalongan.

 

Dalam sambutannya Walikota Pekalongan menekankan bahwa ASN harus melakukan banyak penyesuaian terhadap perubahan zaman. Revolusi industri 4.0 dengan perkembangan teknologi informasi pemkomputeran ini telah memfasilitasi kerja birokrasi sehingga ASN harus meningkatkan SDM. “Perkembangan ini menjadi motivasi untuk melayani masyarakat dengan sungguh-sungguh, terus melakukan inovasi dan memanfaatkan ilmu pengetahuan,” terang Saelany.

 

Menurut Saelany, ada empat landasan yang harus dimiliki oleh ASN yakni amanah, profesionalitas, integritas, dan loyalitas. Amanah dan kejujuran adalah modal utama dalam berbakti melayani masyarakat. Di samping itu tentu harus diperkuat dengan SDM yang mumpuni agar bisa memanfaatkan peluang dunia dan teknologi. “Penguatan SDM terus Pemkot Pekalongan upayakan untuk membangun talenta anak bangsa. Penghargaan pelayanan terbaik yang telah kita dapatkan harus dijadikan motivasi bagi para SKPD. Teruslah untuk meningkatkan kualitas SDM, menciptakan inovasi layanan terbaik bagi masyarakat Kota Pekalongan,” papar Saelany.

 

Ketua Dewan Pengurus Korpri Kota Pekalongan, Drs Slamet Prihantono MM mengungkapkan bahwa peningkatan SDM harus dimulai dari setiap anggota Korpri secara perseorangan, kemudian SKPD berlomba-lomba untuk memberikan layanan terbaik bagi masyarakat. “Harapannya masyarakat dapat merasakan pelayanan yang cepat, murah, dan mudah. Inovasi pelayanan juga ditekankan sebagai wujud dari peningkatan kualitas SDM ASN, dengan melibatkan unsur teknologi, inovasi layanan tentu akan dipermudah dan lebih efisien,” terang Totok Sapaan akrabnya.

 

Diungkapkan Totok bahwa sebelumnya layanan kepada masyarakat secara manual menyebabkan antrean panjang, tentu ini tidak menguntungkan bagi masyarakat secara ekonomi. “Sekarang masyarakat bisa mengantre dari rumah, cukup dengan membuka layanan online, seperti yang sudah diterapkan di rumah sakit dan perizinan. Komitmen layanan ini juga sedang digencarkan oleh semua SKPD di Kota Pekalongan. Ini semua harus didukung agar seluruh ASN termotivasi menciptakan dan memperbaharui pelayanan yang terbaik,” pungkas Totok.

 

(Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)