Peringati HDI 2021, Para Penyandang Disabilitas Berbagi

Kota Pekalongan - Memperingati Hari Disabilitas Internasional (HDI) yang jatuh tiap tanggal 3 Desember, para penyandang disabilitas yang tergabung dalam Forum Komunikasi Kreativitas Disabilitas (FKKD) dan Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kota Pekalongan menggelar aksi bakti sosial (baksos) di Lapangan Mataram Kota Pekalongan, Jumat (3/12/2021).

Kepala Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (Dinsos P2KBKB) Kota Pekalongan, Yos Rosyidi SIP MSi mengaku bangga dengan aksi para penyandang disabilitas ini. Yos hadir langsung mendukung aksi ini. "Saya terharu dan bangga dengan para penyandang disabilitas di Kota Pekalongan ini, di balik keterbatasan mereka masih bisa melakukan aksi berbagi ini untuk memperingati HDI," tutur Yos.

Dikatakan Yos bahwa sebelumnya para penyandang disabilitas juga mengadakan aksi kepedulian membantu korban banjir. "Nah, aksi berbagi sekarang untuk pedagang kaki lima, petugas parkir, dan tukang becak. Ini kan luar biasa, ini yang perlu saya apresiasi walaupun dengan penuh keterbatasan keterbatasan masih bisa melakukan ini," jelas Yos.

Menurut Yos, ini sama atau sejalan dengan tema HDI yakni Kepemimpinan dan Partisipasi Penyandang Disabilitas Menuju Tatanan Dunia yang Inklusif, Aksesibel, dan Berkelanjutan Pasca Covid-19.

Sementara itu, Ketua FKKD Kota Pekalongan, Ahmad Mulyadi membeberkan bahwa aksi ini sebagai bentuk selamatan, ungkapan rasa syukur karena pandemi Covid-19 di Kota Pekalongan telah mereda. "Sasaran aksi berbagi kami kali ini yakni pedagang kaki lima, tukang parkir, dan tukang becak," ujar Mulyadi.

Mulyadi berharap ke depannya para disabilitas terus dapat berbagi karena menurutnya disabilitas sama dengan lainnya, disabilitas setara dengan orang lainnya.

(Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)