Pengerjaan Tanggul Darurat di Tirto Mulai Dilakukan

Kota Pekalongan - Banjir rob pasang kali ini membuat tanggul sungai Meduri di Kelurahan Tirto, Kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan jebol sejak kemaren Senin (23/5/2022). Hari ini, Selasa (24/5/2022) pengerjaan tanggul darurat mulai dilakukan secara gotong royong dengan melibatkan DPUPR, BPBD, Kodim 0710 Pekalongan, Polres Pekalongan Kota, dan para warga.

Hal ini diungkapkan Kalakhar BPBD Kota Pekalongan, Saminta SPd melalui Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Dimas Arga Yudha SSos saat dikonfirmasi melalui telepon. "Saat ini tengah berlangsung upaya pengerjaan kedaruratan dengan memasang sandbag atau karung di sisi limpas sungai Meduri di Kelurahan Tirto sepanjang 30 meter," terang Dimas.

Disebutkan Dimas, sebelumnya luasan tanggul yang rusak yakni 11-12 meter ternyata ada penambahan luasan tanggul yang rusak. "Ini kami melakukan upaya penanganan kedaruratan oleh DPUPR, TNI baik dari Kodim atau Brimob, Polres Pekalongan Kota, dan warga," kata Dimas.

Dimas menjelaskan bahwa menurut informasi dari BMKG, gelombang pasang BPBD masih akan berlangsung sampai tanggal 26 Mei dengan masa pasang mulai pukul 1 siang sampai dengan 7 malam, tertinggi antara pukul 5-6 sore. "Sehingga perlu ada langkah waspada yang dilakukan masyarakat khususnya yang berada di wilayah sempadan sungai atau berbatasan dengan laut untuk mengamankan barang berharga, serta meminimalkan aktivitas di bantaran dan laut," tukas Dimas.

(Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)