Pendaftaran Pantarlih Berakhir Hari Ini

Pendaftaran calon Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) Pemilu Serentak Tahun 2024 di kantor kelurahan se-Kota Pekalongan berakhir hari ini, Selasa (31/1/2023). Pendaftaran dibuka sejak 26 Januari dan sampai kemaren tercatat kisaran 70% dari target jumlah pantarlih yang mendaftar. 

Hal ini diungkapkan Ketua Divisi Sosdiklih, Parmas, dan SDM KPU Kota Pekalongan, Muhamad Bilal saat dikonfirmasi melalui telepon pagi tadi. "Hari ini hari terakhir pendaftaran, nantinya dibutuhkan 928 pantarlih se-Kota Pekalongan. Untuk komposisi setiap kelurahan berbeda bergantung dengan jumlah penduduk kelurahan tersebut," terang Bilal. 

Untuk data keseluruhan baru bisa Bilal sampaikan nanti malam, data terakhir masih 70% pendaftar. "Setelah rekrutmen ini selesai kami akan lakukan bimtek berjenjang oleh PPS di kelurahan. Kami lakukan seleksi secara normatif, diregulasi hanya administrasi, namun kami juga melihat kemampuan teknologi pendaftar. Pasalnya untuk pemilu mendekat ini beda dengan sebelumnya kebutuhan input data secara digital dibutuhkan," jelas Bilal. 

Ketika kebutuhan pantarlih tidak tercukupi tidak ada perpanjangan pendaftaran, mekanismenya yakni dengan penunjukan pantarlih namun tetap dengan koordinasi tokoh lokal. Untuk syarat pantarlih yakni usia minimal 17 tahun dan berdomisili di wilayah kerja (kelurahan). 

Disebutkan Bilal, pengukuhan pantarlih akan dilaksanakan pada 6 Februari dan rencana Apel Pantarlih Serentak pada 11 Februari. "Semiga pantarlih dapat kompeten dan mampu melakukan pendataan dengan baik. Data itu bagian penting, data dipakai semua pihak untuk bisa bekerja secara maksimal. Dengan pantarlih yang kompeten maka data semakin valid dan komprehensif," kata Bilal.