Pemkot Siap Fasilitasi Swab Tes Gratis bagi Masyarakat

Kota Pekalongan – Dalam rangka menekan tingkat penyebaran dan penularan Covid-19 di Wilayah Kota Pekalongan, Pemerintah Kota (Pemkot) Kota Pekalongan melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat membuka kesempatan bagi masyarakat yang ingin mengikuti swab tes gratis.

Seperti yang tengah digalakkan oleh Kecamatan Pekalongan Utara yakni memberikan kesempatan bagi warganya yang ingin mengecek status kesehatannya terhadap Covid-19 untuk bisa mengikuti tes swab secara gratis. “Hal itu dikatakan oleh Camat Pekalongan Utara Camat Pekalongan Utara, Sri Karyati SSTP saat ditemui di kantornya, Rabu (14/10/2020).

Karyati menjelaskan mekanisme pendaftaran yang harus dilakukan masyarakat untuk mengikuti swab test gratis ini. “Mekanisme sudah kami sampaikan kepada lurah untuk memberikan informasi kepada warganya, melalui RT ataupun RW. Jadi masyarakat yang berminat melakukan swab test kita data dari kelurahan masing-masing dan selanjutnya akan diusulkan ke Dinkes,” papar Karyati.

Selain itu, bagi masyarakat yang ingin mendaftar wajib melampirkan dokumen data diri pendukung seperti fotokopi KTP atau KK. “Data diri pendukung tersebut akan diinput di aplikasi, jadi nanti akan terdaftar,” terang Karyati.

Diungkapkan Karyati, swab tes massal bagi masyarakat yang telah mendaftar akan diusulkan ke Dinkes agar dapat menentukan waktu tes swab. “Setelah terdaftar, masyarakat tinggal menunggu jawaban dari Dinkes apakah tes swab akan dilakukan di masing-masing kelurahan, secara kolektif di kecamatan, ataupun di Rumah Sakit Hermina,” tandas Karyati.

Terpisah, Kepala Dinkes Kota Pekalongan, Dr Slamet Budiyanto SKM MKes menjelaskan bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan tengah masif menyelenggarakan swab tes dengan harapan dapat mencegah merebaknya penularan Covid-19 di Kota pekalongan. “Kami tak hanya menggalakkan swab tes di kalangan ASN tapi juga untuk masyarakat,” pungkas Budi.

(Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)