Pemkot Siagakan Tim Gabungan Lakukan Operasi Balon Udara Liar

Dalam rangka mewujudkan zero balon liar terlebih peringatan syawalan tahun 224, Pemerintah Kota Pekalongan akan melakukan operasi ke sejumlah wilayah setempat. Hal ini disampaikan oleh Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid yang akrab disapa Aaf saat ditemui pada babak penyisihan Pekalongan Ballon Festival beberapa waktu lalu.

Berdasarkan pantauan, disampaikan Aaf masih ditemukan balon liar yang terbang di udara usai sholat Idul Fitri lalu. Aaf mengatakan seringkali tiap tahunnya balon liar tersebut akan semakin banyak ada H+7 lebaran atau syawal.

“Biasanya paling rame di syawalan nanti kita akan kerjasama dengan semuanya mulai dari RT/RW, komunitas balon, TNI-Polri, Pemkot untuk melakukan operasi balon liar,” katanya.

Dikatakan Aaf bahwa balon liar memberikan dampak buruk dan sangat membahayakan antara lain mengganggu lalu lintas penerbangan dan mengganggu kondisi sosial di darat seperti tersangkut di jaringan listrik atau menara Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi dan memadamkan listrik, menimpa bangunan, rumah warga, lahan kering dan membakarnya.

Seperti yang terjadi di salah satu daerah yakni kabupaten Magelang, Jawa Tengah pada Jumat (12/4) balon udara liar yang digantungi sejumlah mercon dan meledak di sekitar pemukiman warga sehingga mengakibatkan lima rumah warga dan satu mobil mengalami kerusakan.

(DINKOMINFO KOTA PEKALONGAN)