Pemkot Serahkan Hewan Kurban

Kota Pekalongan - Pemerintah Kota Pekalongan (Pemkot) Pekalongan menyerahkan hewan kurban kepada Pengurus Masjid Al Ikhlas, Masjid Al Jami, dan Masjid Al Amin, Selasa sore (20/7/2021). Hewan kurban yang diserahkan yakni 7 ekor sapi dan 11 ekor kambing dari Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk dibagikan kepada masyarakat di Kota Pekalongan.

Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid SE menyebutkan bahwa dari jumlah tersebut 3 sapi diserahkan ke Pengurus Masjid Al Ikhlas, 1 sapi untuk Masjid Al Jami Kauman yang diserahkan di RPH Kertoharjo, dan 3 sapi lagi diserahkan ke Pengurus Masjid Al Amin. Kemudian 11 kambing diserahkan ke masyarakat melalui panti asuhan, mushola, lapas, dan rutan di Kota Pekalongan.

"Pemerintah Kota Pekalongan tak memiliki anggaran resmi untuk pengadaan hewan kurban. Namun beberapa ASN antusias ingin berkurban dan alhamdulillah terkumpul 7 sapi dan 11 kambing. Mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi masyarakat dan menjadi berkah bagi ASN dan Pemkot Pekalongan," tutur Walikota Aaf.

Diterangkan Aaf bahwa hewan kurban ini akan disalurkan melalui tiga masjid di Kota Pekalongan dengan harapan dapat disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan. "Untuk pemotongan yang Masjid Jami dilakukan di RPH, kemudian kurban di Masjid Al Amin karena di lingkungan Pemkot harapannya tak ada kerumunan, begitu pula untuk yang di Masjid Al Ikhlas saya minta agar gerbang ditutup sehinga tak ada kerumunan atau antrean orang yang meminta daging kurban," beber Aaf.

Terkait dengan sistem pembagian hewan kurban, diterangkan Aaf bahwa panitia telah mengantongi nama-nama penerima dan yang mendaftar. "Kami percayakan kepada panitia yang akan membagikan kepada masyarakat Kota Pekalongan yang berhak," pungkas Aaf.

(Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)