Pemkot Seleksi Calon Anggota Paskibraka Kota Pekalongan Tahun 2024

Kota Pekalongan - Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) setempat melakukan seleksi penerimaan calon anggota paskibraka tahun 2024 sejak bulan Februari.

Pada pertengahan April ini beberapa tahap sudah Bakesbangpol lalui termasuk seleksi administrasi, wawasan kebangsaan dan pancasila, kesehatan, dan parade dengan menggunakan sistem gugur.

Hal ini diungkapkan Kepala Bakesbangpol Kota Pekalongan, M Taufiqu Rochman, Selasa (23/4/2024). "Ada tiga tahapan selanjutnya untuk seleksi yakni baris berbaris, kesamaptaan, dan kepribadian," jelasnya. 

Disebutkan Taufiq, hari ini ada 152 peserta dan 30 gugur menjadi calon anggota. Sehingga yang masuk seleksi ke tahap selanjutnya sebanyak 122 orang. 

"Calon paskibraka ini nantinya bertugas pengibaran bendera merah putih 17 Agustus 2024 di Lapangan Mataram dan dikukuhkan sehari sebelumnya. Setelah resmi menjadi  paskibraka 2024 menjabat sampai masa kerja 1 tahun sampai Hari Lahir Pancasila, 1 Juni tahun berikutnya," terangnya. 

Taufiq berharap yang terpilih ialah putra dan putri terbaik SLTA sederajat, meskipun bukan KTP Kota Pekalongan tapi bersekolah di Kota Pekalongan.

Tahun kemaren seleksi paskibraka sudah mulai memakai aplikasi transparansi penerimaan paskibraka. Jadi dari akumulasi nilai 3 tahap tadi yang ranking 1 otomatis akan ikut seleksi tingkat provinsi. Di provinsi terbaik akan seleksi di tingkat nasional.

"Aplikasi transparansi ini untuk menepis adanya rumor titipan dan sebagainya. Jadi memang murni seleksi, dan ini tahun kedua menggunakan aplikasi tersebut," bebernya. 

Taufiq menekankan bahwa Kesbangpol sebagai OPD teknis bertanggungjawab untuk seleksi ini. "Kami membuat tim pansel masing-masing seleksi pansel beda. 1 pansel 1 akun. Pansel kesehatan tak ikut di parade begitu sebaliknya," terangya. 

Hasil akhir nanti akan dipilih sebanyak 70 orang calon anggota paskibraka yakni putra 45 orang dan putri 25 orang. (Din kominfo/Laila/Allem)