Pemkot Resmikan Kantor Kelurahan Setono dan TPU Sekengkeng

Kota Pekalongan – Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan meresmikan Kantor Kelurahan Setono berlokasi di Jalan Sengkuyung, Karang Malang, Kecamatan Pekalongan Timur. Peresmian dilakukan oleh Walikota Pekalongan, HM Saelany Mahfudz SE yang ditandai dengan penandatanganan prasasti di Halaman Kantor Kelurahan Setono, Jumat (29/1/2021). 

Dalam sambutanya, Walikota Saelany menegaskan bahwa diresmikannya Kantor Kelurahan Setono tidak hanya sekedar peresmian saja, namun bagaimana harus tetap mengoptimalkan pelayanan bagi masyarakat. Sehingga warga yang datang, dapat terlayani dengan baik dan dapat terselesaikan urusanya.

Dalam kegiatan tersebut, Walikota Saelany turut meresmikan Tempat Pemakaman Umum (TPU) Sekengkeng dan penyerahan bantuan alkon berupa satu buah pompa air bagi masyarakat. Ia menyampaikan, bermula dari usulan warga setempat yang mengeluhkan lahan TPU Setono yang terbatas dan seringkali membuat warga kebingungan mencari lahan pemakaman. Sehingga, pihaknya mengakomodir usulan tersebut dengan mengubah tanah bengkok milik Pemkot Pekalongan untuk dijadikan TPU alternatif.

“Usulan tersebut kami tindak lanjuti, dengan memanfaatkan tanah bengkok milik Pemkot kami kaji dahulu dari sisi hukum dan sebagainya. Alhamdulilah, tanah tersebut bisa dijadikan sebagai TPU alternatif. Sebab TPU Setono lahannya terbatas dan sudah cukup penuh. Mudah-mudahan TPU Sekengkeng bisa dimanfaatkan dengan baik dan dijaga kebersihannya,” ungkap Saelany.

Sementara itu Lurah Setono, M Arifin menambahkan, luas lahan pemakaman seluas 3.068 meter. Penamaan TPU Sekengkeng sendiri diambil dari wilayah sekitar yakni dukuh sekengkeng. Kendati baru diresmikan, namun lahan tersebut sudah dimanfaatkan oleh warga setempat.

“TPU ini memang usulan dari masyarakat dan mereka sangat membutuhkan sekali. Usulan tersebut kami akomodir penuh, alhamdulilah diterima baik oleh bapak walikota. Untuk pemanfaatannya saat ini sudah digunakan warga, sudah diisi dua jenazah yang di makamkan di TPU Sekengkeng,” kata Arifin.

Hadir mendampingi Walikota, Sekda Kota Pekalongan, Sri Ruminingsih SE MSi, Asisten Administrasi Umum, drg Agust Marhaendayana MM, Kapolres Pekalongan Kota, AKBP Mochammad Irwan Susanto SIK SH MH, Kepala OPD terkait, camat, dan lurah setempat.

(Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)