Pemkot Pekalongan Sabet Anugerah Meritokrasi 2023 Kategori Sangat Baik

Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan berhasil menyabet Anugerah Meritrokrasi Tahun 2023 yang diselenggarakan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) di Yogyakarta, Kamis (7/12/2023). Anugerah Meritokrasi merupakan penghargaan yang digelar dalam rangka mengapresiasi instansi pemerintah yang berhasil menerapkan sistem merit dengan baik.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung Ketua KASN, Prof. Agus Pramusinto kepada Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid atau yang akrab disapa Mas Aaf. Tak tanggung-tanggung, Pemkot Pekalongan meraih predikat Sistem Merit dengan kategori 'Sangat Baik'. Ada empat kategori pada Anugerah Meritokrasi, keempat kategori itu meliputi kategori I (buruk), II (kurang), III (baik) dan IV (sangat baik).

Usai menerima penghargaan tersebut, Mas Aaf mengaku bersyukur atas prestasi yang diraih Pemkot Pekalongan dalam Anugerah Meritokrasi Tahun 2023 ini dengan kategori Sangat Baik dan mendapat skor 327. Menurutnya, capain ini tak lepas dari kerja keras semua pihak terutama jajaran ASN Kota Pekalongan.

"Keprofesionalitasan kita dalam manajemen ASN juga penting dalam penilaian ini. Mudah-mudahan ini menjadi berkah bagi Kota Pekalongan supaya ASN di Kota Pekalongan lebih bersemangat untuk meningkatkan kinerjanya dalam melayani masyarakat," katanya.

Mas Aaf menginginkan, selama di kepemimpinannya, semua ASN bisa bekerja secara profesional. Jika kinerja ASN itu sudah baik, maka tak usah khawatir prestasi termasuk kenaikan jabatan yang bersangkutan akan mengiringinya.

"Alhamdulillah Kota Pekalongan juga sudah diapresiasi bahwa Kota Pekalongan nihil atau Rp 0 terkait jual beli jabatan. Ini terbukti dengan didapatkannya penghargaan dan apresiasi dari KASN dan Kemenpan-RB terkait penataan ASN dengan sangat baik. Termasuk, pengisian JPT juga mendapatkan predikat  baik dengan nilai 87,5," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Pekalongan, Anita Heru Kusumorini menambahkan, bahwa dalam tiga tahun terakhir, terkait Anugerah Meritokrasi, Kota Pekalongan prestasi dan capaiannya sangat meningkat. Dimana, di Tahun 2021 Kota Pekalongan menyandang kategori 'Kurang'. Kemudian, di Tahun 2022 naik menjadi Kategori 'Baik', sementara di Tahun 2023 bisa meningkat kembali menjadi kategori 'Sangat Baik'.

"Tentunya, konsekuensinya kami harus semakin baik lagi terutama terkait dengan manajemen kepegawaian. Yang masih harus dibenahi yaitu manajemen talenta untuk bisa diselesaikan di tahun depan. Artinya, jika manajemen talenta sudah baik, maka untuk pengisian JPT di Kota Pekalongan tidak perlu melalui sistem lelang namun bisa diambil dari manajemen talenta," pungkasnya.