Pemkot Kembali Salurkan Bantuan CBP Tahap III, Beras Sudah Lewati Uji Kualitas

Kota Pekalongan - Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan melalui Dinas Pertanian dan Pangan (Dinperpa) setempat bekerjasama dengan Bappenas menyalurkan bantuan pangan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) tahap III Tahun 2024 kepada 28.117 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kota Pekalongan untuk alokasi Bulan Oktober 2024. Penyaluran CBP ini melalui kelurahan, salah satunya di Kelurahan Padukuhan Kraton, Kecamatan Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Rabu (9/10/2024). Di Kelurahan Padukuhan Kraton ada 716 KPM, masing-masing KPM mendapatkan 10 kilogram bantuan beras.

Kepala Dinperpa Kota Pekalongan, Lili Sulistyawati mengungkapkan bahwa, beras yang disalurkan dalam program CBP ini sudah melewati pemeriksaan uji kualitas dan kuantitas bersama  Perum BULOG pada tanggal 6 Oktober 2024. Adapun beras yang disalurkan pun merupakan beras lokal dari petani-petani sekitar Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Batang, dan Kota Pekalongan, Kabupaten Pemalang, dan sebagainya. 

"Sebelum didistribusikan ke masyarakat, kami sudah merasakan langsung bahwa rasa beras lokal ini enak dan kualitasnya bagus,"ucap Lili.

Menurutnya, penyaluran CBP Tahap III ini peruntukkannya untuk alokasi Bulan Agustus, Oktober, dan Desember 2024. Sebelumnya, penyaluran CBP Tahap I dan II dilakukan setiap bulan, namun untuk tahap II ini  dilakukan 2 bulan sekali berupa bantuan beras seberat 10 kilogram setiap KPM per sekali waktu penyaluran. Penyaluran CBP ini merupakan tahap terakhir selama masa Presiden Jokowi masih menjabat. 

"Dari Bappenas bekerja sama dengan Perum BULOG sebagai penyedia berasnya, kemudian ada PT Jasa Prima Logistik (JPL) sebagai jasa penyalur dan mendistribusikan di 27 kelurahan-kelurahan masing-masing secara bertahap. Untuk penyaluran hari ini bagi masyarakat di wilayah Kecamatan Pekalongan Timur dan Kecamatan Pekalongan Utara. Sehari sebelumnya, atau tanggal 8 Oktober 2024, pendistribusian dilakukan di wilayah Kecamatan Pekalongan Barat dan Kecamatan Pekalongan Selatan,"terangnya.

Kasi Permas dan Trantibum pada Kelurahan Padukuhan Kraton, Eviyanti menyebutkan, untuk penyaluran CBP Tahap III ini, ada 716 KPM di Kelurahan Padukuhan Kraton yang menerima. Mereka yang menerima bantuan ini merupakan masyarakat yang masuk dalam data Penyasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE). Pendistribusian bantuan beras ke kelurahan sudah diterima sejak kemarin sore dan keesokan harinya langsung disalurkan kepada KPM.

"Untuk syarat pengambilan bantuan ini, KPM wajib membawa KK, KTP, dan surat undangan pemberitahuan pengambilan bantuan dari kelurahan. Harapannya, semoga bantuan ini bisa membantu meringankan beban masyarakat untuk kebutuhan sehari-hari. Terlebih, harga kebutuhan pokok saat ini cenderung mengalami kenaikan,"beber Evi.

Salah satu KPM yang berdomisili di Jalan Progo, Kelurahan Padukuhan Kraton, Fahrozi mengaku senang dan bersyukur atas disalurkannya bantuan CBP Tahap III ini.

"Alhamdulillah, kami senang dan bersyukur atas diterimanya bantuan beras ini. Semoga bantuan ini bisa terus berkelanjutan untuk membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari,"pungkasnya. (Dian).