Pemkot Jamin Kepokmas Tercukupi

Kota Pekalongan – Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UKM (Dindagkop UKM) setempat menjamin ketersediaan kebutuhan pokok masyarakat (Kepokmas) aman dan tercukupi menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H.

Hal tersebut dipaparkan oleh Kepala Dindagkop UKM, Bambang Nurdiyatman SH dalam kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) kesiapan menghadapi Idul Fitri 1442 Hijriah atau 2021, berlangsung di Ruang Jetayu, Selasa (4/5/2021).

Ia mengatakan, pihaknya telah melakukan pemantauan dan pengawasan barang beredar di beberapa pasar modern dan tradisional, swalayan, Gudang, SPBU, agen elpiji, dan distributor sembako. Dari hasil pemantauan tersebut, stoknya masih mencukupi.

“Beberapa komoditi jelang Hari Raya Idul Fitri berpotensi akan mengalami kenaikan permintaan bapok, sehingga diperlukan koordinasi antara pemerintah dengan pelaku usaha. Ada tiga komoditi yang bapok yang menjadi perhatiaan saat ini yakni cabai, daging ayam, dan telur ayam. Untuk alokasi gas LPG 3Kg sampai dengan April sebanyak 1.459.180 tabung gas sehingga ketersediaanya tercukupi,” ungkapnya.

Lanjutnya, komoditi beras, gula pasir, dan telur tercukupi hingga empat bulan ke depan. Kemudian, minyak goreng tercukupi sampai lima bulan. Daging sapi dan ayam, tepung terigu, cabai merah besar, rawit merah, bawang merah, dan bawang putih lokal tersedia hingga tiga bulan ke depan.

“Untuk beras, gula pasir, tepung terigu, bawang merah, bawang putih lokal dan import harganya masih stabil. Sedangkan minyak goreng mengalami kenaikan pada minggu IV April dari Rp.14Ribu menjadi Rp.15Ribu. Daging sapi naik dari Rp.110Ribu/Kg menjadi Rp.115Ribu/Kg dan daging ayam turun dari Rp.42Ribu menjadi Rp.40Ribu. Komoditi telur turun dari Rp25Ribu menjadi Rp.22Ribu. Cabai merah besar dari Rp.45Ribu turun menjadi Rp.30Ribu pada 3 Mei 2021 dan cabai rawit merah naik dari harga Rp.40Ribu menjadi Rp.50Ribu,”paparnya.

(Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)