Pemkot dan Warga Ikuti Detik-Detik Proklamasi Dengan Khidmat

Kota Pekalongan – Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan selain melaksanakan upacara bendera peringatan Kemerdekaan RI di halaman Setda Kota Pekalongan, juga mengikuti pelaksanaan Detik-Detik Proklamasi dalam rangka peringatan HUT kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 tahun secara virtual di Ruang Kresna Setda, Selasa (17/8/2021).

Kegiatan tersebut diikuti Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid SE, Wakil Walikota Pekalongan, H Salahudin STP, Ketua DPRD, Mohamad Azmi Basyir ST MSc, Kapolres Pekalongan Kota, AKBP M Irwan Susanto SIK SH MH, Dandim 0710 Pekalongan, Letkol CZI Hamonangan Lumban Toruan SIP, Kajari Kota Pekalongan, Sri Indarti SH MH, Sekda Kota Pekalongan, Sri Ruminingsih SE MSI, serta jajaran asisten setda.

Meskipun Detik-Detik Proklamasi dilakukan secara virtual, namun pelaksanaannya tetap berlangsung dengan khidmat. Usai mengikuti Detik-Detik Proklamasi, Walikota Aaf mengatakan bahwa semangat dan spirit yang diwariskan para pahlawan kemerdekaan RI harus tetap berkobar dan menjadi motivasi di masa pandemi ini untuk melanjutkan cita-cita perjuangan para pendiri bangsa mengisi kemerdekaan saat ini. 

Ia juga mengajak keterlibatan seluruh masyarakat untuk bersama-sama bangkit dari keterpurukan akibat pandemi Covid-19, baik di sektor ekonomi, pariwisata, pendidikan, dan sektor lainnya.

“Sebagaimana tema kemerdekaan ‘Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh’, kita harus tangguh, optimis dan semangat untuk bisa bangkit dari pandemi Covid-19. Tentu tidak cukup dari pemerintah, TNI-POLRI saja namun juga keterlibatan masyarakat terlebih dalam menerapkan prokes. Kita harus kompak, sinkron agar bisa bangkit kembali,”kata Aaf.

Secara terpisah, Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkup Pemkot Pekalongan juga diharuskan untuk mengikuti meskipun dari rumah masing-masing. Selain itu, di beberapa titik jalan di Kota Pekalongan, terpantau puluhan pengguna jalan berhenti sejenak, mengambil sikap tegak dan hormat selama tiga menit saat Detik-Detik Proklamasi.


(Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)