Pembangunan Gedung Perpusda Baru Terkontrak

Impian masyarakat Kota Pekalongan memiliki Gedung Perpustakaan Daerah (Perpusda) baru yang lebih representatif kini bakal segera terwujud. Dimana, saat ini Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Dinarpus) tengah membangun Gedung Perpustakaan Daerah yang berlokasikan di di sebelah Kantor Kecamatan Pekalongan Barat yakni di Jalan H. Sabrawi, Kelurahan Tirto, Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan dengan luasan lahan 4.026 meter persegi dan dibangun 3 lantai. 

Kepala Dinarpus Kota Pekalongan, Soeroso mengungkapkan bahwa, di awal Bulan Juni 2023 ini, tahapan pembangunan gedung perpustakaan tersebut sudah masuk kontrak. Pembangunan gedung tersebut dijadwalkan memakan waktu 195 hari kerja atau ditargetkan selesai pada pertengahan Bulan Desember 2023.

"Setelah penandatangan kontrak, maka artinya pekerjaan fisik gedung tersebut sudah mulai dilakukan dan diharapkan pertengahan Desember Tahun 2023 ini bisa selesai,"  ucapnya usai menghadiri kegiatan penandatanganan komitmen Implementasi Aplikasi Srikandi di Kota Pekalongan yang berlangsung di Ruang Jawa Hokokai Setda Kota Pekalongan, Senin siang (5/6/2023).

Soeroso menyebutkan, pembangunan gedung Perpusda dengan 3 lantai tersebut menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Pemerinta Pusat sebesar Rp10 Milliar, dan ditambah Rp 1 Milliar dari APBD Kota Pekalongan untuk pengurugan lahan dan sarana dan prasarananya, sehingga total dana yang disiapkan sebanyak Rp11 Milliar. Menurutnya, adanya pembangunan gedung baru Perpusda ini merupakan bentuk perhatian pemerintah dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Kalau sudah jadi, perpustakaan daerah yang semula menginduk di Kantor Dinarpus di Jalan Jetayu, Kelurahan Panjang Wetan, Kecamatan Pekalongan Utara nanti  perpustakaannya pindah ke gedung perpustakaan yang baru ini. Harapannya, gedung baru Perpusda yang baru ini bisa lebih representatif dan memberikan kenyamanan bagi pemustaka yang datang," tandasnya.