Pastikan Bantuan Tepat Sasaran, Rumah KPM PKH Dilabelisasi

Kota Pekalongan - Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan bantuan sosial bersyarat yang diberikan kepada keluarga miskin. Untuk memastikan bantuan PKH tepat sasaran, rumah para Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH di Kota Pekalongan dilabelisasi oleh petugas dari Dinas Sosial Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DinsosP2KB) Kota Pekalongan bersama perangkat kelurahan, babinsa, dan bhabinkamtibmas.

Label bertuliskan "Kami Keluarga Miskin Penerima Bantuan Sosial PKH, Semoga Kami Segera Terbebas dari Kemiskinan” ditempatkan di tembok atau dinding bagian depan rumah. Labelisasi rumah KPM PKH di Kecamatan Pekalongan Barat hampir selesai. 

Menanggapi hal tersebut Camat Pekalongan Barat, M Taufiequrachman SSTP saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Jumat (7/10/2022) mengungkapkan bahwa untuk di Kecamatan Pekalongan Barat sudah dilaksanakan di semua kelurahan.

"Di tiap-tiap kelurahan yang bergerak yakni petugas Dinsos P2KB, perangkat kelurahan, babinsa, dan bhabinkamtibmas. Untuk sementara ini secara garis besar kondusif, penolakan dari warga tidak ada, memang ada yang tak mau dilabeli karena dengan kesadaran mau mengundurkan diri dari PKH," terang Taufieq.

Dijelaskan Taufieq, untuk Kecamatan Barat labelisasi ini sudah dilaksanakan sejak seminggu yang lalu sampai saat belum selesai. Sempat ada kendala logistik untuk pengecatan, dan ini sudah bisa dilanjutkan. "Melalui labelisasi ini secara tak langsung masyarakat tahu warga sekitar atau rumah mana yang menerima bantuan PKH, sehingga jika nantinya ada masukan dapat ditindaklanjuti," kata Taufieq.

Taufieq menuturkan bahwa dari Dinsos 02KB akan terus melakukan updating terkait pendataan ini, sehingga nantinya akan ada gambaran valid penerima PKH.