Pantau Kepokmas Jelang Ramadan, Dindagkop-UKM Bakal Terjunkan Tim Pengawas

Menjelang bulan Ramadan 1445 H/2024 M, Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Dindagkop-UKM) akan menurunkan tim ke lapangan untuk melakukan pengawasan di pasar rakyat, toko retail modern dan gudang bahan pokok yang ada di kota Pekalongan.

“Sebagai instansi yang diberi tugas untuk membantu menstabilkan harga membentuk tim menjelang hari puasa, kami rencanakan H-10 mendatangi di pusat perdagangan yang ada, hal yang kami pantau yaitu keamanan barang yang beredar di pasaran apakah aman untuk dikonsumsi dan ketersediaan barang. Menjelang puasa biasanya stok akan bertambah mengikuti kebutuhan dari masyarakat,” terang Kepala Dindagkop-UKM Kota Pekalongan, Supriono saat ditemui di ruang kerjanya kemarin.

Adapun sejumlah komoditas yang menjadi sasaran pengawasan antara lain kebutuhan pokok masyarakat (Kepokmas) seperti beras, telur, gula, minyak, daging sapi, daging ayam, ikan laut, produk yang didisplay pada sejumlah toko retail modern meliputi kondisi kemasan dan kadaluarsa produk serta lainnya.

Lebih lanjut, nantinya dari hasil pemantauan pihaknya akan menindaklanjuti dengan meningkatkan koordinasi antar instansi salah satunya Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) untuk tetap menjaga ketersediaan, kelancaran distribusi dan perkembangan harga barang kebutuhan pokok dan barang penting lainnya. Ia juga menghimbau agar masyarakat tetap bijaksana dalam pola konsumsi dan tidak melakukan pembelian bahan kebutuhan pokok secara berlebihan.