Pak Bhabinkamtibmas Inovasikan Incinerator Tanpa Asap

Bhabinkamtibmas Kelurahan Sokoduwet, Aipda Sarwedi menyabet Juara 2 dalam Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) Tahun 2023 yang diselenggarakan Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMPPA) Kota Pekalongan. Aipda Sarwedi menginlvasikan incinerator tanpa asap untuk mengolah sampah. 

Aipda Sarwedi mengungkapkan rasa syukurnya dapat memperoleh juara dalam lomba TTG tahun 2023 ini. "Ini kami praktikkan kembali pembakaran sampah, sampah yang dibakar berupa sampah plastik semua. Kemudian hasil pembakaran dimanfaatkan sebagai media tanam," katanya.

Aipda Sarwedi sudah mencoba memanfaatkannya untuk tanaman terong dan cabai. Hasil dari pembakaran di incinerator berupa abu yang kemudian ia campur dengan pupuk kandang. "Ini sudah saya cobakan untuk tanaman terong dan bisa tumbuh subur dan berbuah berbuah pada usia dua bulan," jelasnya. 

Aipda Sarwedi menyebutkan bahwa kapasitas pembakaran di incinerator inovasinya ini kurang lebih 50 kg dalam pembakaran. Menurutnya dengan adanya alat ini masyarakat akan lebih sadar dalam mengelola sampahnya.

"Kita tahu betul kondisi sampah di Kota Pekalongan cukup memperihatinkan terutama sampah anorganik. Padahal untuk penguraiannya membutuhkan waktu lama. Dengan peralatan ini harapannya bisa dimanfaatkan warga sekitar dan mudah-mudahan ke depannya ada inovasi lagi yang bermanfaat untuk warga," tukasnya.