Pahamkan Masyarakat, KPU Sosialisasikan Tahapan dan Produk Hukum Pemilu

Kota Pekalongan - Dalam rangka memberikan pemahaman menyeluruh kepada para pemangku kepentingan dan masyarakat serta menciptakan dukungan aktif pelaksanaan Pemilu tahun 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pekalongan menggelar Sosialisasi Tahapan dan Produk Hukum Pemilu Serentak tahun 2024 di Ruang Amarta Setda Kota Pekalongan, Rabu (28/9/2022).

Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilihan, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia KPU Kota Pekalongan, Muhammad Bilal SHI mengungkapkan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk menyosialisasikan tahapan dan produk hukum karena saat ini sudah masuk dalam proses tahapan sejak 14 Juli lalu. "Memang ada perbedaan mekanisme pendaftaran calon peserta pemilu kali ini dengan sebelumnya seperti perihal berkas pencalonan," kata Bilal.

Menurut Bilal masyarakat perlu pemahaman dalam tahapan pemilu. Kemudian KPU juga mengaitkan dengan produk hukum sebagai antisipasi terjadinya pelanggaran dalam pemilu. "Harapannya masyarakat siap hadapi pemilu ini. Ada beragam jenis pelanggaran yang berpotensi pada pemilu nanti. Kendati demikian, sejauh ini Kota Pekalongan aman terkendali," terang Bilal.

Disebutkan Bilal, saat ibu masih tahapan pendaftaran peserta, sudah ada 22 partai yang mendaftar. "Pada tanggal 14 Desember nanti akan ditetapkan peserta pemilu," tukas Bilal.

(Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)