Paguyuban Bromo Kendali Pekalongan Gelar Pameran Tosan Aji Nusantara

Kota Pekalongan, Info Publik - Guna melestarikan budaya keris khas Pekalongan, Paguyuban Bromo Kendali mengelar pameran dan bursa tosan aji nusantara, sejak 5 hingga 7 Oktober 2018 mendatang, di GOR Jetayu.

Ketua Paguyuban Bromo Kendali, Rifqon Arodhi mengatakan, kegiatan ini mengandeng sejumlah paguyuban tosan aji di Indonesia, diantarnya dari Makassar, Bali, Jawa, Lombok hingga Aceh.

Rifqon Arodhi yang juga Ketua Pameran Keris Nusantara mengungkapkan, pameran keris tersebut selain untuk melestarikan budaya keris, juga sebagai upaya untuk memberikan edukasi pada masyarakat.

“ tujuan kami untuk mengedukasi masyarakat, supaya tidak memahami makna keris atau mengenal karis dari sisi kleniknya  atau kemistisannya saja, namun juga mengenai nilai estetika dan budayanya,” ungkapnya.

Sementara itu, salah seorang peserta pameran. Toni Kristanto dari Paguyuban Panji Surya Wilwatika Mojokerto menjelaskan, yang akan di pamerkan adalah aneka antikan atau aneka aksesoris seperti cincin dan gelang, dengan harga dari mulai ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

“ Kami juga membawa aneka buku panduan tentang keris, yaitu pamor dan angguh yang bisa menjadi bahan pelajaran bagi masyarakat dalam mengenali keris,” terangnya.

Toni Kirstanto menambahkan, dengan adanya pameran tersebut, masyarakat diharapkan bisa mulai memandang keris bukan sebagai benda mistis, namun sebagai warisan budaya asli Indonesia, supaya ada kesadaran untuk melestarikan bersama. (MC kota Pekalongan/Achmad Mahmudin/Dimas Arga)