Optimalkan Pembangunan, PKK Pekalongan Siapkan Aplikasi Sicanting

Kota Pekalongan - Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Pekalongan akan meluncurkan aplikasi yaitu sistem informasi catatan penting (Sicanting). Aplikasi ini bermanfaat untuk menghimpun data seluruh kelompok dasa wisma se-Kota Pekalongan secara sistematis.

Ketua TP PKK kota Pekalongan, Inggit Soraya mengatakan di era digital, teknologi informasi menjadi suatu kebutuhan. Aplikasi sicanting diharapkan dapat mengoptimalkan pengelolan data dan penyebaran informasi mengenai kegiatan PKK.

Dalam penyusunan aplikasi ini, PKK bersinergi dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pekalongan. Penamaan aplikasi sicanting, dikaitkan dengan alat canting salah satu media membatik yang indentik dengan kota Pekalongan. Untuk melangkapi data aplikasi sicanting, pihaknya melibatkan kader PKM dari tingkat dasawisma, kelurahan dan kecamatan.

Kumpulan data pengurus, program pokok, dan informasi terkini akan ditampilkan pada aplikasi sicanting. Disampakaikan Inggit, saat ini ada 3 program pokok yang menjadi prioritas yaitu upaya penurunan stunting, bank sampah dan penggalakkan IVA tes dimana ketiganya akan tercover didalam sicanting.

"Aplikasi sicanting, merupakan informasi khusus, sementara ini kita masih membuat pengumpulan data, dari tingkat dasawisma sampai kota, sehingga membutuhkan bantuan dari beberapa OPD dan dukungan pemkot dan semua kader PKK," katanya pada kegiatan live interview radio kota batik, Jumat (9/9/2022).

Tak hanya menunjang data penting dan informasi terkini, akan ada layanan aduan pada aplikasi sicanting yang bisa dimanfaatkan masyarakat untuk menyampaikan kritik maupun masukan untuk PKK se-kota pekalongan.

Inggit berharap semua masyarakat bisa memiliki aplikasi sicanting, tidak hanya kader dari PKK saja, "Saya sudah meminta kepada Dinkominfo, penggunaan aplikasinya tidak terlalu rumit, jadi sekali klik sudah dapat informasi banyak," imbuhnya.

Sebelum dilaunching yang direncanakan tepat di hari ibu, 22 desember 2022, akan diberikan sosialisasi terkait penggunaan aplikasi sehingga kader dapat mengoperasikan dengan efektif.

(Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)