OPD Pelayanan Publik Diharapkan Memiliki Perpustakaan

Tanggal 14 September adalah Hari Kunjung Perpustakaan, dan Bulan September adalah Bulan Gemar Membaca. Pencanangan ini dimulai sejak tahun 1995 oleh Presiden Soeharto. Tujuannya, tak lain untuk meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia. Buku adalah jendela dunia, untuk membuka jendela itu tentu butuh kunci yakni membaca.  
 
Meningkatkan minat baca masyarakat menjadi tujuan dari Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Pekalongan. Ketersediaan perpustakaan di kantor Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) di Kota Pekalongan yang memberikan pelayanan masyarakat secara langsung sangat diperlukan. Misalnya, sembari menunggu antrean, orang-orang dapat memanfaatkan waktu tunggu mereka untuk membaca buku.
 
Demikian disampaikan Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Pekalongan, Erli Nufiati, SE ketika ditemui di sela-sela kesibukannya, Kamis (14/9/2018). Saat ini tercatat sebanyak 300 perpustakaan baik di sekolah maupun di masyarakat. Buku sudah mulai menyatu dengan masyarakat di berbagai civitas. "Ruang baca inilah yang akan mendekatkan orang dengan buku. Apalagi di sela waktu tunggunya, tanpa disadari waktu tunggu menjadi hal yang sangat bermanfaat," tuturnya.
 
Disampaikan Erli bahwa keinginan ini masih rencana. Ia berharap akan hadir ruang baca di OPD-OPD. Selain itu, untuk perpustakaan atau rumah baca yang sudah ada harus dimaksimalkan fungsinya. Pemerintah juga memberikan penghargaan untuk duta baca, ke depannya dengan ini masyarakat Kota Pekalongan semakin gemar membaca dan bertambah ilmu.
 
_Tim Komunikasi Publik Dinkominfo_