Museum Batik Identifikasi Kondisi Fisik Sumbangan Kain dan Selendang Batik Keluarga Bung Hatta

Usai kemarin telah menerima tambahan koleksi berupa 1 buah kain panjang dan selendang batik dari keluarga besar Wakil Presiden Pertama Indonesia sekaligus proklamator bangsa Indonesia, Muhammad Hatta atau yang akrab disapa Bung Hatta, Museum Batik Pekalongan melakukan kegiatan serangkaian proses identifikasi terkait kondisi fisik sumbangan kain dan selendang batik tersebut. Hal ini disampaikan oleh Kepala UPTD Museum Batik Pekalongan, Akhmad Asror saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (6/6/2023).

Menurutnya, proses identifikasi itu diantaranya meliputi detail motif, bahan dan teknis pembuatannya, dan sebagainya yang nantinya diinput ke lembar inventaris sehingga bisa diketahui identifikasi untuk penanganan konservasinya.

"Secara kasat mata memang ada sedikit sobekan, dan kondisi kain untuk yang selendang karena bahannya juga berbeda dengan yang kain panjang. Dimana, yang selendang kainnya teksturnya agak kering sehingga penanganannya juga berbeda dengan yang kain panjang," terangnya.

Asror memaparkan, dalam kain batik maupun selendang batik yang diberikan keluarga besar Bung Hatta yang merupakan hasil karya Iwan Tirta ini, terdapat lapisan prada emas meskipun pada beberapa titik mengalami pemudaran. Lanjut Asror menyebutkan, untuk ukuran kain panjang di kisaran 2,5 meter dan selendang batik berukuran 2 meter.

"Untuk selanjutnya, kain maupun selendang batik koleksi pribadi dari Istri Bung Hatta, Rachmi Hatta ini direncanakan akan disimpan di ruang penyimpanan dan masih kami siapkan untuk bisa di display bertepatan pada Hari Jadi Kota Pekalongan mendatang," tandasnya.