Mudahkan Masyarakat Cari Bahan Pustaka, Dinarpus Kembangkan Portal UCS

Kota Pekalongan - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Dinarpus) Kota Pekalongan tengah mengembangkan sebuah portal akses perpustakaan digital yang diberi nama Union Catalogue System (UCS).  Demikian disampaikan oleh Plt Dinarpus Pekalongan, Erli Nufiati,SE saat ditemui di Eks Kantor Kelurahan Kradenan pada pembukaan Perpustakaan 2, Rabu (16/9/2020).  

“Laman UCS ini merupakan portal perpustakaan digital yang dapat diakses oleh seluruh masyarakat Kota Pekalongan untuk mencari bahan pustaka. Portal online ini sudah kami kembangkan sejak tahun 2017 yang lalu yang merupakan pengembangan dari katalog online opac.pekalongankota.go.id,”ujar Erli. 

Erli menambahkan, portal ini bisa diakses melalui laman website ucs.perpustakaankotapekalongan.net.  Dalam laman tersebut memuat seluruh bahan pustaka yang ada di seluruh perpustakaan di Kota Pekalongan dan sudah terintegrasi. 

“Dengan adanya UCS ini, semua perpustakaan yang ada di Kota Pekalongan, baik itu perpustakaan di lingkungan sekolah maupun umum dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat umum. Sehingga, bahan pustaka yang dibutuhkan oleh masyarakat umum khususnya pelajar bisa lebih beragam dan semakin lengkap,”papar Erli.

Menurut Erli, saat ini sudah ada 10 perpustakaan sekolah yang sudah bergabung dalam perpustakaan digital tersebut. Laman perpustakaan digital ini,lanjut Erli, dapat mudah diakses dimanapun dan kapanpun pada perangkat smartphone atau komputer yang telah terkoneksi internet. 

"Dalam mengakses laman UCS ini, masyarakat dapat melakukannya dimanapun, tidak terikat oleh tempat dan waktu seperti saat mengunjungi perpustakaan manual dalam mencari bahan pustaka. Masyarakat hanya perlu login menggunakan email dan password mereka untuk mengakses laman UCS dan mencari bahan pustaka yang dimaksud apakah sudah ada atau belum,”tandas Erli.

(Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)