Miliki Duta Baca, Pemkot Optimalkan Pertumbuhan Minat Literasi di Kalangan Masyarakat

Dalam upaya meningkatkan budaya dan gemar membaca di tengah masyarakat, Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakan (Dinarpus) untuk pertama kalinya, telah memilih Duta Baca yaitu Ahmad Alfisah untuk menumbuhkan minat membaca di kalangan masyarakat, terutama generasi muda di Kota Pekalongan, dalam festival literasi, di Lapangan Mataram setempat, Rabu (4/9/2024).

Bunda Literasi Kota Pekalongan, Inggit Soraya menjelaskan Duta Baca yang terpilih akan bertugas sebagai mitra Pemerintah Kota Pekalongan untuk menggelorakan budaya membaca mulai tahun 2024 sampai dengan 2026. “Alhamdulillah Kota Pekalongan sudah memiliki Duta Baca, dari 28 pendaftar kita seleksi semua peserta sampai didapat 10 besar, mereka sudah luar biasa wawasannya, tapi harus kita pilih salah satu dari mereka,” katanya.

Inggit berharap, Duta Baca yang terpilih dapat menjalankan tugas dan amanah, berkolaborasi dengan program Bunda Literasi dan Dinarpus Kota Pekalongan untuk mengkampanyekan budaya membaca di masyarakat agar indeks literasi akan semakin meningkat.

Sementara itu, Duta Baca terpilih, Ahmad mengaku bersyukur dan bahagia usaha dan persiapan yang dilakukan selama ini dapat berbuah manis. Kedepan, pihaknya akan berupaya membersamai kegiatan yang berkaitan dengan literasi dan berusaha untuk berinovasi agar masyarakat lebih tertarik untuk berliterasi. “Literasi dan membaca adalah bagian dari hidup saya, setelah persiapan yang luar biasa dari berminggu-minggu untuk mengikuti seleksi administrasi, wawancara, SKD akhirnya sampai di titik ini. Saya akan melanjutkan apa sudah yang sudah dijalankan sebelumnya dan berusaha berinovasi,” tutupnya.

(DINKOMINFO KOTA PEKALONGAN)