Meriahkan HUT RI, 39 Regu Ikuti Gerak Jalan

Pemerintah Kota pekalongan melalui Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga (Dinparbudpora) Kota Pekalongan menggelar Lomba Gerak Jalan Pelajar SD, SMP, dan SMA/SMK se-Kota Pekalongan Tahun 2019 yang dikuti oleh 39 regu guna memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia (RI) di Halaman Kantor Dinparbudpora Jalan WR Supratman Kota Pekalongan, Rabu (21/8/2019).

 

Setiap regu tampil antusias mengenakan seragam tim menunggu peluit dan aba-aba dinaikkannya bendera oleh Wakil Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid SE didampingi Kepala Dinparbudpora Kota Pekalongan, Sutarno SH MM, Sekretaris Dinparbudpora Kota Peklaongan Drs Sigit Mursito, dan Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan dasar Dinas Pendidikan Kota Pekalongan, Drs Sugiyo untuk membuka Lomba Gerak Jalan Pelajar se-Kota Pekalongan Tahun 2019 ini.

 

Wakil Walikota Afzan menekankan ke Dinparbudpora Kota Pekalongan untuk mengisi Peringatan HUT RI dengan kegiatan positif salah satunya melalui olahraga yakni lomba gerak jalan. “Alhamdulillah antusiasme 39 regu ini sangat tinggi, karena di samping olahraga mereka akan mendapat sertifikat prestasi. Kemaren saya juga keliling di Kota Pekalongan, melihat banyak peserta yang latihan sampai jam 12 dan 1 siang,” kata Afzan.

 

Menurut Afzan kegiatan ini dapat mencegah pelajar melakukan hal-hal negatif seperti menyalahgunakan narkoba. “Anak muda harus berolahraga. Olahraga mampu mencegah kalangan anak muda khususnya pelajar dari penyalahgunaan narkoba,” tandas Afzan.

 

Ketua Panitia Pelaksana Lomba Gerak Jalan, Zaini mengungkapkan dalam rangka memperingati HUT RI ini, jumlah peserta gerak jalan yakni 39 regu yang terdiri atas 10 regu SD, 15 regu SMP, 14 regu SMA/SMK yang masing-masing regu terdiri atas 9 orang. “Untuk route yang dilalui lomba gerak jalan tingkat SD yakni start Jalan WR Supratman - Jalan Kusuma Bangsa - Jalan Tentara Pelajar - Jalan Cendrawasih - Finish Jalan WR Supratman atau sejauh 5 Kilometer lebih. Selanjutnya route yang dilalui SMP, SMA/SMK yakni start Jalan WR Supratman - Jalan Pantaisari - Jalan Pantai Sari 2 - Jalan Kunti Utara - Jalan Samudra - Jalan Kusuma Bangsa - Jalan Tentara Pelajar - Jalan Kapuas - Jalan Patriot - Jalan Perintis Kemerdekaan - Jalan Bahagia - Jalan Kemakmuran - Jalan Diponegoro - Finish Jalan WR Supratman atau sejauh 10,6 Kilometer,” jelas Zaini.

 

Zaini berharap melalui kegiatan ini para pelajar dapat bersemangat memperingati Hari kemerdekaan RI. “Ini juga sebagai ajak untuk menyeleksi tim untuk maju ke tingkat provinsi yang rencananya kana digelar pada Oktober 2019 di Kabupaten Boyolali. Untuk lomba di tingkat provinsi nantinya akan diseleksi usia 16-30 tahun dengan jarak gerak jalan sejauh 28 Kilometer,” pungkas Zaini.