Ma’had Islam Komitmen Bentuk Karakter Baik dan Tingkatkan Sekolah Berbasis IT

Dalam momentum memperingati hari kelahiran ke-81, sebagai salah satu yayasan pendidikan tertua di Kota Pekalongan, Ma'had Islam berkomitmen untuk terus membentuk karakter baik bagi peserta didiknya dan melakukan peningkatan sekolah berbasis IT.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Ta'sis Ma'had Islam, Muhammad Anis usai upacara peringatan Ta'sis Ma'had Islam ke-81 di halaman SMP Ma'had Kota Pekalongan, Rabu (8/11/2023). Ia mengatakan bahwa IT memiliki manfaat yang sangat besar sebagai media proses pembelajaran, dimana dianggap mampu menjadikan pembelajaran lebih efektif, efisien dan meningkatkan kualitas hasil pembelajaran. Selain itu, IT juga mampu memberikan siswa pengalaman yang banyak dan variatif.

Lebih lanjut, Anis menjelaskan bahwa pendidikan karakter aspek penting, dengan memahami dan bertindak sesuai dengan norma atau aturan yang ada membuat generasi muda mempunyai karakter yang kuat dan baik, “Karakter sangat penting bagi pembangunan dan kemajuan suatu bangsa, kemudian dengan pendidikan karakter yang dilakukan dengan benar mudah-mudahan bisa meningkatkan prestasi anak didik kami, sehingga lewat agen perubahan kami akan bentuk karakter mereka,” katanya.

Ia mengungkapkan yang dilibatkan dalam agen perubahan antara lain pengurus yayasan itu, kepala sekolah, guru yang ditunjuk termasuk guru penggerak dan lainnya, “Mereka akan menjadi pelopor agen perubahan, untuk implementasi intinya bagaimana program sekolah ini selain pembelajaran mengarah pada peningkatan kognitif juga membentuk karakter yang lebih baik sesuai dengan pesan dari ketua umum Ma'had Islam ketika siswa lulus sudah bisa imam, bekal agama cukup dan karakter baik, bukan hanya sukses di bidang profesi juga dalam hal pembinaan dan pelestarian agama Islam,” pungkasnya.

Komitmen agen perubahan tersebut turut ditandatangani oleh Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid.