Masyarakat Diajak Pilih Pangan Sehat dan Aman dari 3 Bahaya

Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Kesehatan setempat mengajak seluruh masyarakat supaya bijak dan memperhatikan dalam memilih pangan yang aman, sehat dan bermutu. Pangan aman adalah pangan yang bebas dari bahaya fisik, kimia dan biologis. 

Hal ini dijelaskan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekalongan, Slamet Budiyanto melalui Sanitarian Muda, Maysaroh. Ia mengatakan bahwa bahaya fisik dapat dideteksi dengan indera manusia, sedangkan bahan kimia dan bahaya biologis dideteksi dengan uji di laboratorium. Walaupun demikian ada beberapa jenis bahaya kimia dan bahaya biologis yang dapat dideteksi menggunakan indera penglihatan dan penciuman manusia.

“Bahaya fisik bisa dilihat makanan itu aman kalau dia terbungkus dan tertutup sehingga tidak ada kemungkinan debu atau serangga yang hinggap. Sedangkan cemaran kimia, jika makanan tersebut menggunakan pewarna atau tidak dilihat dari tampilannya, kalau sangat mencolok jangan dibeli, lalu jika mengandung formalin/boraks kita lihat tampilannya kalau warnanya mengkilat, putihnya tidak wajar, teksturnya sangat kenyal, patut kita curigai,”

Untuk bahaya biologi yang terdapat di pangan dapat berupa bakteri, parasit, virus dan lainnya. Pertumbuhan mikroba ini bisa menyebabkan pangan menjadi busuk sehingga tidak layak untuk dimakan, maka pilih makanan yang disimpan dan disajikan dengan baik, kemasan tidak rusak, tidak basi (tekstur lunak, bau tidak menyimpang seperti bau asam atau busuk).

Mengingat konsumsi pangan sehat dan aman sangat penting bagi kesehatan tubuh, Maysaroh menghimbau masyarakat menjadi konsumen yang cerdas, memilah dan memilih pangan yang baik untuk tubuh.

“Jangan lupa untuk selalu pilah pilih panganan, mana yang bagus untuk tubuh saya, apakah dijual di tempat bersih atau tidak dan usahakan apabila membeli makanan di tempat yang sudah pengawasan Dinas Kesehatan. Misalkan jajan bakso, lihat digerobaknya sudah ada tempelan dari Dinas Kesehatan atau belum karena kami secara rutin dan bertahap melakukan pembinaan pengawasan tidak hanya ke restoran yang besar tetapi sampai ke warung makan dan kantin sekolah,” tukasnya.

(DINKOMINFO KOTA PEKALONGAN)