Mari Vaksin, Gebyar Vaksinasi di Kota Pekalongan Berhadiah 3 Unit Sepeda Motor

Kota Pekalongan - Kota Pekalongan terus menggencarkan vaksinasi Covid-19 agar mampu mencapai target 90% hingga akhir tahun 2021. Oleh karena itu, Pemerintah Kota Pekalongan bekerjasama dengan Kodim 0710/Pekalongan, Polres Pekalongan Kota dan Perbankan menyelenggarakan Gebyar Vaksinasi Covid-19 selama 14 hari ke depan, mulai hari ini,Senin, 29 November hingga 14 Desember 2021,salah satunya seperti yang digelar di Lapangan Mataram Kota Pekalongan,Senin(29/11/2021).

Dalam pelaksanaan gebyar vaksinasi yang digelar di 5 titik wilayah baik yang ada di Kecamatan Pekalongan Utara, Kecamatan Pekalongan Selatan,Kecamatan Pekalongan Timur, Kecamatan Pekalongan Barat dan Lapangan Mataram sesuai jadwal yang telah ditentukan ini, Pemkot dan Forkopimda menyediakan hadiah doorprize berupa 3 unit sepeda motor bagi peserta gebyar vaksin Covid-19 yang beruntung.

Walikota Pekalongan,HA Afzan Arslan Djunaid,SE menjelaskan bahwa, kegiatan gebyar vaksinasi selama 14 hari ke depan ini digelar sebagai upaya memenuhi target cakupan vaksinasi Kota Pekalongan sebesar 90 persen. Mengingat,saat ini vaksinasi di Kota Pekalongan masih mencapai sekitar 78 persen untuk kalangan masyarakat umum, sementara kalangan lansia masih di angka 52 persen.

“Kegiatan gebyar vaksinasi ini sangat luar biasa karena disediakan Door Prize 3 Unit Sepeda Motor dan doorprize menarik lainnya. Mudah-mudahan sesuai target kita,karena kota-kota lain di Jawa Tengah sudah lebih dari 90 persen,kalau Kota Pekalongan 80 persen pun belum. Semoga dengan gebyar vaksinasi berhadiah ini warga lebih bersemangat dan lebih sadar bahwa vaksinasi ini bermanfaat untuk kesehatan mereka dalam membentuk herd immunity,” tutur Aaf,sapaan akrabnya.

Aaf berharap, apa yang selama ini dilakukan pemerintah dalam rangka mendorong cakupan vaksinasi dengan terus bersinergi bersama semua pihak ini, cakupan vaksinasi di Kota Pekalongan bisa segera tercapai paling tidak hingga akhir tahun 2021 mendatang.

“Kita akan kejar terus targetnya sebesar 90 persen untuk masyarakat umum,dan lansia diharapkan bisa diatas 60 persen hingga akhir tahun 2021. Gebyar vaksinasi 14 hari ini juga mengharapkan masyarakat yang memenuhi syarat divaksin namun belum ikut vaksinasi Covid-19,bisa dengan kesadaran diri ikut vaksin. Meskipun,kita memang tidak bisa memaksakan masyarakat yang memiliki penyakit penyerta atau komorbit untuk tidak bisa divaksin. 10 persen warga ini yang memang sikonnya tidak memungkinkan untuk divaksin,sehingga target 90 persen warga tervaksin ini realistis dan mudah-mudahan bisa segera tercapai,” tegas Aaf.

Terpisah,saat meninjau pelaksanaan Gebyar Vaksinasi Covid-19 di Lapangan Mataram (29/11),Dandim 0710/Pekalongan, Letkol CZI Hamonangan Lumban Toruan,SIP menjelaskan, pada pagi hari ini merupakan pembukaan pelaksanaan gebyar vaksinasi berhadiah 3 unit sepeda motor. Menurutnya, pelaksanaan ini memang langkah yang paling ampuh untuk menjaring warga yang belum divaksin. Adapun kuota vaksinasi per harinya adalah 1000 dosis per hari di masing-masing titik yang tersedia yakni 5 titik,sehingga dengan harapan per harinya paling tidak 5000 orang bisa tersasar vaksin.

“Pelaksanaan ini berkat kerjasama TNI,POLRI, Pemkot dan perbankan dengan harapan kita bisa mencapai 90 persen. Target 90 persen ini diharapkan di 14 hari ke depan pelaksanaan vaksinasi ini sudah banyak yang ikut program vaksinasi. Kuota per hari kita harapkan bisa mencapai 1000 dosis untuk setiap titik,jadi per hari paling tidak bisa mencapai 5000,” terang Dandim Hamonangan.

Disampaikan Dandim Hamonangan, untuk pembagian kupon hadiah di semua titik pelayanan vaksinasi sudah disebar. Dimana, dalam pelaksanaan vaksinasi berhadiah sepeda motor ini, 2 unit sepeda motor diperuntukkan untuk peserta vaksinasi lansia, dan 1 unit sepeda motor untuk masyarakat umum.

“Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat Kota Pekalongan dan sekitarnya khususnya lansia untuk bisa mengikuti gebyar vaksinasi yang dilaksanakan mulai hari ini hingga 14 hari ke depan di 5 titik pelayanan vaksinasi secara serentak,” papar Dandim Hamonangan.

Ditambahkan Kapolres Pekalongan Kota,AKBP Wahyu Rohadi,SIK mengungkapkan bahwa, doorprize 3 unit sepeda motor akan diundi pada saat hari terakhir pelaksanaan gebyar vaksinasi yaitu tanggal 14 Desember 2021. Door prize 3 unit sepeda motor ini berlaku khusus bagi peserta vaksinasi yang ber-KTP Kota Pekalongan.

Pihaknya menekankan bahwa, virus Covid-19 sampai saat ini belum ada obatnya,sehingga AKBP Wahyu meminta kepada masyarakat yang belum divaksin bisa beramai-ramai bersama keluarganya datang ke titik-titik pelayanan vaksinasi untuk mendapatkan suntikan vaksinasi Covid-19.

“Kita hanya bisa berikhtiar dengan tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan (prokes) secara ketat dan mengikuti program vaksinasi. Oleh karena itu, kepada seluruh masyarakat yang belum melaksanakan vaksinasi, monggo bisa datang beramai-ramai dengan mengajak keluarga untuk bisa mendapatkan suntikan vaksin di titik-titik pelayanan vaksinasi yang telah ditentukan. Program vaksinasi ini gratis,” imbuh AKBP Wahyu.

Salah satu lansia yang turut berpartisipasi di Gebyar Vaksinasi, Mustofa (80),warga Kraton Kidul,Kecamatan Pekalongan Barat mengaku senang bisa mendapat suntikan vaksinasi. Dengan penuh semangat, dirinya langsung datang sendiri ke lokasi gebyar vaksinasi yang digelar di Lapangan Mataram Kota Pekalongan,Senin pagi(29/11).

“Kemarin Saya tidak sengaja melihat pamflet acara Gebyar Vaksinasi ini. Walaupun datang sendiri,saya merasa mantap dan semangat aja datang ke lokasi pagi ini. Alhamdulillah, selain untuk kesehatan Saya sendiri, Saya berharap, usai divaksin,bisa diberikan panjang umur, dan sudah tidak merasa khawatir jika berkumpul dengan keluarga Saya maupun masyarakat sekitar. Alhamdulillah juga ini malah usai divaksin,Saya dapat bantuan beras dan bisa mendapat kupon berhadiah motor,mudah-mudahan ya Saya juga bisa beruntung dapat sepeda motor nanti,”pungkas Mustofa.


(Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)