Lomba Lari Bakal Semarakkan Haornas

Kota Pekalongan - Momen Hari Olahraga Nasional (Haornas) selain upacara pada 9 September lalu, Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Dinparbudpora) bakal menyemarakkan dengan Lomba Lari Tingkat Jawa Tengah pada Sabtu, 24 September 2022. Lomba ini menjadi momen kebangkitan olahraga di Kota Pekalongan khususnya lomba lari yang dua tahun ini tak digelar karena pandemi.

Adapun lomba lari peringatan Haornas ini ada dua kategori yakni untuk umum dan kalangan pelajar. Hal ini disampaikan Pelatih Olahraga Muda Dinparbudpora Kota Pekalongan, Endro Triyatmo SPd MPd saat dikonfirmasi melalui telepon, Rabu (21/9/2022). "Berbeda dengan dua tahun yang lalu, lomba ini bukan tingkat kota  melainkan tingkat provinsi, sudah ada 1.211 pendaftar lomba lari," tutur Endro.

Endro menjelaskan pelaksanaan lomba lari yakni pada hari Sabtu, 24 September 2022 mulai pukul 06.30 di Kawasan Jetayu Kota Pekalongan, dengan star finish di depan Museum Batik. "Lomba ini ada dua kategori, untuk umum tingkat Jawa Tengah sejauh 7 kilometer sedangkan tingkat kota untuk pelajar baik SD, SMP, SMA, sederajat jaraknya 4 dan 5 kilometer," beber Endro.

Endro menyebutkan pendaftar paling banyak yakni pelajar. Hadiah lomba ini digolongkan juara putera dan Puteri. "Juara 1 sampai tiga akan mendapat trophy, piagam, dan uang pembinaan sedangkan harapan 1-3 hanya uang pembinaan," kata Endro.

Terkait rute lomba lari Haornas mulai dari Kawasan Jetayu - Jln Dipponegoro - Jalan Progo - Indragiri - Veteran dan seterusnya sampai dengah Jln Kusuma Bangsa dan WR Supratman. "Untuk mengikuti lomba ini peserta pelajar membayar Rp20.000 untuk SD, kemudian SMal dan SMA Rp25.000, dan kategori untuk Rp100.000 untuk pengganti kaos dan air mineral," jelas Endro.

Endro berharap kegiatan ini menjadi awal untuk membangkitkan olahraga di Kota Pekalongan sehingga pada bukan April 2023 pada Hari Jadi Kota Pekalongan dapat terselenggara kegiatan serupa untuk tingkat Jawa Tengah. "Kami dari Bidang Pemuda dan Olahraga ingin berkontribusi untuk Kota Pekalongan di bidang olahraga dalam kegiatan apapun untuk mewujudkan masyarakat yang sehat dan bugar sehingga dapat meningkatkan produktivitas etos kerja, menanamkan karakter unggul, serta mempersembahkan prestasi untuk Kota Pekalongan," pungkas Endro.

(Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)