Lewat Pesta Rakyat BATARA, Kecamatan Barat Pulihkan Ekonomi UMKM

Kota Pekalongan - Dalam rangka mengenalkan potensi dan memulihkan perekonomian khususnya di bidang Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Pemerintah Kota Pekalongan melalui Kecamatan Pekalongan Barat menghelat event Pesta Rakyat  Barat Tambah Rahat (BATARA) mulai tanggal 15-28 Agustus 2022 di Lapangan Peturen, Kelurahan Tirto, Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan.

Camat Pekalongan Barat, M Taufiqu Rochman     menjelaskan bahwa, Pesta Rakyat BATARA akan dilakukan soft launching pada Selasa sore, 16 Agustus 2022, dimana event ini dimaksudkan untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan Indonesia ke-77 Tahun 2022 dan sebagai upaya pemulihan ekonomi bagi para pelaku UMKM pasca dilonggarkannya sejumlah kegiatan masyarakat di masa pandemi Covid-19.

"Alhamdulillah, tahun 2022 ini kegiatan masyarakat sudah mulai dilonggarkan, dimana 2 tahun belakangan pandemi Covid sejumlah pembatasan adanya PPKM membuat ekonomi lesu dan pelaku UMKM cukup berdampak pada saat itu. Sehingga, kami ingin meningkatkan perekonomian khususnya di bidang umkm yg ada di Kecamatan Pekalongan Barat," tutur Taufiq saat ditemui di Lapangan Peturen, Senin sore (15/8/2022).

Menurutnya, dalam Pesta Rakyat BATARA ini diramaikan oleh sejumlah acara dari mulai pasar malam beragam wahana permainan, festival kuliner, hingga stand dan ekspo dari kelurahan, UMKM, stakeholder terkait lainnya. Disamping itu, kegiatan ini juga dimeriahkan oleh kegiatan sponsorship seperti dari Telkomsel yang menyelenggarakan acara Lomba Cerdas Cermat pada tanggal 18-19 Agustus di Aula Kecamatan Pekalongan Barat, turnamen Mobile Legend untuk kalangan milenial, di tanggal 19 ada kegiatan komunitas Tamiya, dan sebagainya. Adapun untuk memasuki area Pesta Rakyat BATARA ini tidak dipungut Harga Tiket Masuk (HTM), hanya saja untuk menjajal wahana permainan dikenai biaya bervariasi di masing-masing wahana. Pihaknya berharap, dengan adanya event BATARA ini, mampu menggali potensi, kreativitas hingga keunggulan di Kecamatan Pekalongan Barat dan UMKM bisa kembali pulih secara pesat.

"Terkait masalah pengamanan di area ini juga, kami sudah berkoordinasi dengan Polsek Pekalongan Barat dan Koramil Pekalongan Barat untuk menerjunkan personel jaga dari Tri Pilar yakni dari petugas Trantib kelurahan/kecamatan, Babinsa dan Bhabinkamtibmas secara bergilir bertanggungjawab untuk memonitoring pelaksanaan kegiatan ini agar bisa berjalan lancar, aman, dan tertib. Sehingga, animo masyarakat untuk datang kesini juga bisa tinggi," tandasnya.

(Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)