Lepas Rombongan CJH 2023, Walikota Aaf : Jaga Kekompakan dan Perbanyak Istighfar

Sebanyak 315 orang Calon Jamaah Haji (CJH) beserta petugas haji asal Kota Pekalongan yang masuk dalam kloter 41 resmi dilepas dan diberangkatkan oleh Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid, didampingi Kapolres Pekalongan Kota, AKBP A. Recky Robertho, Dandim 0710/Pekalongan, Letkol Inf Rizky Aditya, Wakil Walikota Pekalongan, H Salahudin, Ketua TP-PKK Kota Pekalongan, Hj Inggit Soraya, Wakil Ketua I TP-PKK Kota Pekalongan, Hj Istiqomah, jajaran Forkopimda dan sejumlah pengiring CJH. Ratusan CJH asal Kota Batik tersebut  diberangkatkan dengan menggunakan 7 buah armada bus dengan mengambil titik start Halaman Kantor Pemkot Pekalongan menuju Asrama Haji Donohudan Boyolali, Senin (5/6/2023). Selanjutnya, mereka dijadwalkan berangkat dari Asrama Haji Donuhudan Boyolali menuju tanah Suci pada keesokan harinya, Selasa, 6 Juni 2023 pukul 07.20 WIB.

Usai melepas rombongan CJH, Walikota Pekalongan yang akrab disapa Aaf tersebut mengaku bersyukur bahwa, pelepasan rombongan CJH  beserta petugas haji asal Kota Pekalongan bisa berjalan lancar. Dimana, tahun keberangkatan haji 1444 H/ Tahun 2023 ini bisa kembali normal baik terkait kuota maupun tidak ada sejumlah pembatasan seperti pada saat pandemi Covid-19 lalu.

" Alhamdulillah sebanyak 315 orang calon jamaah haji beserta petugas haji asal Kota Pekalongan Tahun 2023 sudah diberangkatkan start dari Pemkot Pekalongan menuju Asrama Haji Donohudan Boyolali. Mudah-mudahan semuanya diberikan kesehatan, kelancaran perjalanan ibadah hajinya," ucap Aaf.

Aaf berpesan, mengingat tahun ini banyak sekali CJH lansia yang berangkat, maka diharapkan semua jamaah bisa saling kompak, tetap menjaga kesehatan, dan tetap mengikuti instruksi dari Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) masing-masing. Disamping itu, mereka juga diminta selalu sabar dan ikhlas, serta memperbanyak istighfar dalam menjalani serangkaian ibadah haji di Tanah Suci.

"Pasalnya, semua jutaan umat dari seluruh penjuru dunia dengan tujuan yang sama yaitu ibadah haji berkumpul jadi satu. Bahkan, dari awal pendaftaran haji pun harus antri, mau sholat, makan, thawaf semuanya serba antri. Jangan lupa perbanyak istighfar dari sekarang. Kami doakan semoga seluruh calon jamaah haji dilancarkan dan selalu diberi kesehatan baik pada saat berangkat, berada di tanah suci, maupun kembali lagi ke rumah masing-masing. Kami minta didoakan juga agar kami jajaran Pemkot dan Forkopimda ini bisa dilancarkan menjalankan amanahnya untuk Kota Pekalongan yang lebih baik lagi. Semoga mereka semua bisa menjadi haji dan hajjah yang mabrur," harapnya.

Sementara itu, Kepala Kementerian Agama Kota Pekalongan, Kasiman Mahmud Desky menerangkan bahwa, jumlah CJH asal Kota Pekalongan yang berangkat Tahun 2023 ini ada 315 orang, terdiri dari 151 orang jamaah laki-laki dan 164 orang jamaah perempuan, termasuk didalamnya 3 orang Tim Petugas Haji Daerah (TPHD).

"Dari jumlah itu, lansianya ada 62 orang terdiri dari 35 orang lansia laki-laki dan 27 orang lansia perempuan. Jamaah haji asal Kota Pekalongan yang tertua berumur 94 tahun dan yang termuda berusia 19 tahun," tutur Kasiman.

Lanjut Kasiman menyebutkan,  terkait kondisi kesehatan, seluruh calon jamaah haji asal Kota Pekalongan sampai saat ini dinyatakan istitha'ah (sehat secara mental dan fisik yang telah terukur melalui serangkaian pemeriksaan).

"Mudah-mudahan dari pelepasan ini menuju asrama haji Donohudan kemudian istirahat satu hari disana semua dalam kondisi sehat wal'afiat. Selanjutnya, di keesokan harinya, tanggal 6 Juni 2023 pukul 07.20 WIB, mereka siap diberangkatkan dari asrama haji Donohudan Boyolali menuju ke tanah suci untuk menjalani serangkaian ibadah hajinya," tandas Kasiman.