Lepas Kontingen KORMI Berlaga di FORDA Jateng 2023, Walikota Aaf : Veni, Vidi, Vici

Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (Kormi) Kota Pekalongan mengirimkan 116 orang baik atlet, official, dan panitia terbaiknya untuk berlaga di event Festival Olahraga Rekreasi Daerah (FORDA) tingkat Jawa Tengah Tahun 2023. Sebelum bertanding, ratusan atlet beserta official yang tergabung dalam kontingen KORMI Kota Pekalongan secara resmi dilepas oleh Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid, didampingi Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga (Dinparbudpora) Kota Pekalongan, M Sahlan, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Pekalongan, Edywan, Wakil Ketua DPRD sekaligus Ketua KORMI Kota Pekalongan, Edy Supriyanto, berlangsung di Ruang Sidang Paripurna DPRD setempat, Rabu (7/6/2023).

Walikota Aaf, sapaan akrabnya menyampaikan bahwa, terlibatnya KORMI Kota Pekalongan berlaga di event FORDA Jawa Tengah tahun ini merupakan momentum awal  dari pasca pelantikan kepengurusan baru KORMI Kota Pekalongan. Dimana, organisasi olahraga ini tetap bisa aktif, semangat, dan memfamiliarkan sejumlah cabang olahraga kreasi di tengah masyarakat. 

"Alhamdulillah Saya melihat semangatnya dari para atlet KORMI Kota Pekalongan dengan berbagai macam cabor yang sangat antusias mengikuti event tingkat Jawa Tengah ini. Saya sangat apresiasi dan bangga, semangat para atlet KORMI ini dengan tidak mengenal usia, semangat mereka begitu luar biasa dan tidak kalah dengan semangat atlet-atlet di usia emas. Berbeda dengan KONI yang atletnya dalam usia emas  berkisar 18-30 tahun, tetapi di KORMI  ini atletnya begitu istimewa semangat atletnya ada yang 30 tahun, 50 tahun bahkan ada yang berumur 72 tahun, semangatnya tetap harus dijaga, karena ini event Jawa Tengah, mengingat dari event ini bisa megukur kekuatan  dan prestasi KORMI Kota Pekalongan pasca pelantikan pengurus baru," tuturnya.

Aaf berpesan, agar para atlet KORMI yang berlaga di FORDA Jawa Tengah Tahun 2023 mulai tanggal 8-10 Juni 2023 di Kota Semarang ini bisa terus menjaga semangatnya, bersikap sportif dan menjaga nama baik Kota Pekalongan, memberikan hasil terbaik serta yang tak kalah penting tanamkan jiwa olahraga "Veni, Vidi, Vici". Semboyan ini diambil dari kalimat bahasa Latin yang dipopulerkan Julius Caesar, seorang Jenderal dan Konsul Romawi pada 47 SM yang berarti "Saya Datang, Saya bertanding, dan Saya Menang".

" Semboyan ini bisa membuat lebih semangat dan Saya sudah siapkan ada bonus khusus untuk atlet-atlet yang berhasil membawa medali baik itu medali emas, perak, maupun perunggu. Meski di KORMI ini  cabor olahraga masyarakat yang ada sekitar kita,  tetapi skill ini tetap harus diasah dan dilatih untuk persiapan  menghadapi event-event olahraga serupa di Jawa Tengah maupun Nasional," harapnya.

Sementara itu, Ketua KORMI Kota Pekalongan, Edy Supriyanto menerangkan bahwa, dalam ajang FORDA Jawa Tengah 2023, adapun cabor yang dilombakan meliputi olahraga organisasi olahraga tantangan, olahraga kebugaran, dan olahraga tradisional diantaranya lomba bakiak, lomba taekwondo, lomba airsoftgun, lomba barongsai, lomba tarik tambang, lomba sepeda onthel, lomba senam, dan sebagainya.

"Dari sekitar 14 cabor yang dilombakan pada FORDA Jawa Tengah Tahun 2023 ini, Kota Pekalongan mengirimkan atlet sebanyak 91 orang, 11 orang official, 14 orang panitia, sehingga total 116 orang. Jumlah tersebut lebih banyak dibandingkan event FORDA tahun sebelumnya yang pada saat itu hanya mengirimkan 8 orang dan Alhamdulillah mendapat juara semua. Dengan meningkatnya jumlah peserta ini semoga bisa lebih banyak mendapatkan medali di semua cabor yang dilombakan," tegas Edy.

Edy berharap, para atlet bisa menunjukkan prestasi yang  membanggakan dan membawa nama baik Kota Pekalongan.

" KORMI ini merupakan olahraga yang paling banyak disenangi masyarakat, dari mulai pelajar SD sampai usia lansia, diantaranya ada olahraga bakiak, gobak sodor, tarik tambang, dan sebagainya. Kami mohon doa dan supportnya agar dalam event FORDA Jawa Tengah ini, KORMI Kota Pekalongan bisa sukses dan mengharumkan nama baik Kota Pekalongan," pungkasnya.