Lembaga Pendidikan Berupaya Cetak Generasi Muda Hukum yang Berintegritas dan Berkarakter

Sebagai upaya untuk mencetak muda mudi yang melek hukum, Universitas Pekalongan (Unikal) melaksanakan kegiatan pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru dengan tema “Membangun Generasi Muda Hukum yang Berintegritas dan Berkarakter” selama 2 hari mulai 27-28 Agustus 2024. Kegiatan ini juga merupakan bentuk kontribusi positif dari dunia pendidikan untuk Kota Pekalongan. 

Dekan Fakultas Hukum, Universitas Pekalongan, Taufiq saat ditemui dalam kegiatan tersebut, Selasa (27/8/2024) menuturkan bahwa saat ini hukum di Negara Indonesia sedang sakit artinya bahwa hukum dipergunakan sebagai alat keberlangsungan kekuasaan, hukum diubah-ubah sesuai dengan keinginan dan kepentingan elemen tertentu. oleh sebab itu, pihaknya ingin menjadikan mahasiswanya menjadi generasi muda hukum berintegratif berkarakter agar hukum dapat digunakan sebaik mungkin untuk membangun bangsa dan mensejahterakan masyarakat Indonesia.

“Bisa kita lihat di berbagai media sosial bagaimana kemudian terjadi penyalahgunaan hukum dan penegakan keadilan oleh oknum penegak hukum, seperti contohnya masalah korupsi yang masih sangat merajalela dan hukum masih berpihak pada satu sisi saja tidak merata dan menyeluruh. Harapan kami, mahasiswa harus kritis terhadap perkembangan kekuasaan dan penerapan hukum dengan memiliki integritas karakter sebagai mahasiswa hukum,” katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia, Saiful Anas, menjelaskan bahwa kegiatan tersebut akan memberikan edukasi yang sangat luar biasa dari Kejaksaan setempat, untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan mahasiswa baru terkait penegakan hukum.

“Kegiatan ini akan berkelanjutan, pasca kegiatan sosialisasi akan dilakukan kegiatan sosial antara lain penanaman mangrove di area Kandang Panjang dan bakti sosial sebagai wujud pengabdian kaki untuk masyarakat Kota Pekalongan,” tuturnya.

Sementara itu, salah satu mahasiswa baru, Fariz Zaki mengaku bahwa dirinya tertarik untuk mengambil jurusan hukum. Ia berharap dengan pendidikan yang akan ditempuh ini, dapat membuat dirinya lebih memahami hukum-hukum yang berlaku dan bisa mempraktekkan di lingkungan masyarakat sekitar sehingga dapat membantu warga di sekelilingnya.

(DINKOMINFO KOTA PEKALONGAN)