Layanan Perpustakaan Tutup Selama PPKM, Layanan Pinjam Buku Dibuka Daring

Kota Pekalongan - Sesuai kebijakan pemerintah terkait dengan perpanjangan masa PPKM Darurat di wilayah Jawa-Bali, layanan Perpustakaan milik Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Dinarpus) Kota Pekalongan ditutup sementara hingga 25 Juli 2021.

Kepala Dinarpus melalui Pengelola IT Perpustakaan Kota Pekalongan, Muhammad Rizki menyampaikan bahwa selama PPKM Darurat di Kota Pekalongan layanan perpustakaan ditutup. Untuk itu, layanan pinjam dan perpanjangan buku dilakukan secara daring (online) melalui aplikasi ipekalongankota dan Whatsapp Gateway ‘Sinau Buku’ atau sistem informasi notifikasi buku.

“Per hari ini (21/7) sampai 25 juli layanan perpustakaan masih ditutup. Bagi masyarakat atau pemustaka yang masih memiliki tanggungan pinjaman, bisa melakukan perpanjangan buku melalui WA Gateway. Selama PPKM ini, kami tidak menerapkan sanksi skorsing bagi pemustaka yang telah habis tanggal peminjaman,”ungkap Rizki di Kantor Perpustakaan Kota Pekalongan, Jalan Jetayu no 2, Rabu (21/7/2021).

Masyarakat bisa melakukan perpanjangan masa pinjaman buku melalui WA Gateway di nomor 085-60000-47-88. Kemudian, kirim pesan dengan format RENEW#Barcode. Tidak hanya perpanjangan pinjam buku, tapi cek skrosing, cek masa aktif kartu, dan cek buku yang dipinjam dapat dilakukan dalam sistem tersebut.

Lanjutnya, selama penerapan PPKM Darurat, antusias masyarakat mengakses aplikasi ipekalongankota lebih banyak dibandingkan sebelumnya. Aplikasi ipekalongankota, memiliki sebanyak 15ribu konten buku digital yang bisa diakses masyarakat.

Rata-rata buku yang sering dipinjam yakni novel, buku parenting, dan keterampilan. “Memang terjadi peningkatan pemustaka yang mengakses sekitar 30-40%. Biasanya yang mengakses buku digital yakni masyarakat umum, pelajar SMA, dan mahasiswa,”imbuhnya.

Informasi lain terkait layanan perpustakaan kota Pekalongan dapat diakses melalui media sosial Dinarpus kota Pekalongan maupun di website dinarpus.pekalongankota.go.id.

(Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)