Lapangan Tirto Akan Dijadikan Ruang Publik Kreatif

Kota Pekalongan, Info Publik - Pemkot Pekalongan berencana akan melakukan penataan terhadap Lapangan Tirto, Kecamatan Pekalongan Barat, menjadi kawasan ruang publik kreatif. Yaitu menjadi ruang publik bagi masyarakat untuk mengeksplor kegiatannya dikawasan ini.

 

Sekda Kota Pekalongan Hj. Sri Ruminingsih bersama staf ahli Walikota bidang pemerintahan, hukum dan politik, Sutarno, Plt. Asisten Administrasi, Agust Marhaendayana, Asisten Pembangunan, Sri Wahyuni dan Kabag Humas, Arif Karyadi  melakukan peninjauan di kawasan yang akan dijadikan ruang publik kreatif, pada Rabu pagi, (3/10).

 

Dalam pantaunnya Sekda bersama pejabat lainya mengelilingi beberapa sudut lapangan. Sekda juga tak sungkan untuk menyapa  para pekerja yang sedang bekerja di lokasi tersebut.  

Usai melakukan tinjauan Sekda Sri Rumingsih mengatakan, untuk penataan Lapangan Tirto tersebut akan digunakan sebagai ruang publik kreatif masyarakat. “ Jadi nantinya Lapangan Tirto akan ditata untuk betul-betul menjadi ruang publik. supaya masyarakat bisa mengeksplor kegiatan disini,” ungkapnya.

 

Sekda berharap pada tahun 2019 ruang publik tersebut sudah bisa dimanfaatkan secara langsung oleh masyarakat sembari penataan tahap berikutnya seperti penghijauan dan estetika terkait keindahan. “ Untuk saat ini masih pengerjaan jogging track dan selter. Sedangkan Akses jalan sebelah barat Lapangan Tirto sudah di aspal hotmix,” tambahnya.  

Penataan lapangan Tirto tersebut meliputi Joging track,selter ( bangunan kecil beratap untuk tempat berteduh). Lokasi ruang publik yang berdekatan dengan hutan kota dan gantangan burung ini diharapkan dapat digunakan untuk lomba burung tingkat nasional. “ harapannya digunakan untuk turnamen burung tingkat nasional,” pungkasnya. (MC Kota Pekalongan/Achmad Mahmudin/Dimas Arga)