Kunjungi Kota Pekalongan, Dekranasda Kabupaten Purworejo Kaji Terap Perbatikan

Kota Pekalongan – Sebagai kota yang dikenal dengan Kota Batik, Kota Pekalongan memiliki banyak potensi sumber daya manusia dan budaya. Ciri khas motif dan warna yang kuat menjadikan batik Pekalongan mampu menembus pasar dagang internasional. Hal ini pula menjadikan banyak masyarakat luas ingin belajar dan mengetahui sejarah batik Pekalongan. 

Keberhasilan pemberdayaan masyarakat melalui batik di Kota Pekalongan mendapat apresiasi dari sejumlah kalangan. Salah satunya jajaran Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Purworejo yang berkunjung ke Dekranasda Kota Pekalongan, Senin (1/11/2021).

Bertempat di aula sektetariat Dekranasda setempat, kunjungan tersebut disambut dengan baik oleh Ketua Dekranasda Kota Pekalongan, Hj Inggit Soraya, didampingi Wakil Ketua Dekranasda, Hj Istiqomah beserta jajaran pengurus.

Dalam kesempatan tersebut, jajaran Dekranasda Kabupaten Purworejo tidak hanya saling tukar informasi terkait perkembangan batik, namun juga diajak untuk berkeliling ke showroom Dekranasda Kota Pekalongan dan Museum Batik Pekalongan untuk melihat produk batik dari UMKM Kota Pekalongan juga mencicipi makanan khas Pekalongan hasil olahan masyarakat binaan Dekranasda.

Usai mendampingi jajaran Dekranasda Kabupaten Purworejo, Inggit mengungkapkan bahwa adanya kunjungan ini memberikan penyegaran setelah tidak ada kegiatan sepanjang pandemi Covid-19. Ia juga mengaku bangga, Kota Pekalongan menjadi kota tujuan pada kunjungan kerja kali ini.

Inggit berharap, kunjungan kali ini selain menjadi ajang silaturahmi, juga dapat saling bertukar informasi dalam rangka mengembangkan produk kerajinan rakyat di bawah naungan Dekranasda di wilayah masing-masing.

“Ini menjadi semangat baru bagi kami, setelah sebelumnya sempat dihentikan karena pandemi Covid-19. Mudah-mudahan kunjungan ini bisa bermanfaat dan kaji terap. Kota Pekalongan ini memang memiliki batik yang luar biasa baik dari motif maupun pemilihan warnanya. Di samping itu, Kota Pekalongan juga kaya akan kulinernya,”ungkap Inggit.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Kabupaten Purworejo, Fatimah Verena Prihastyari menyampaikan terimakasih atas sambutan luar biasa dari Kota Pekalongan. Ia mengaku kagum dengan perkembangan batik di Kota Pekalongan.

“Alhamdulilah kami sangat mengapresiasi atas sambutan dari Dekranasda Kota Pekalongan. setelah berkeliling di showroom Dekranasda kami juga kagum karena beragam hasil karya kerajinan masyarakat yang begitu apik. Harapannya, ilmu yang kami dapatkan bisa diterapkan di wilayah kami,”katanya.

(Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)