Kunjungan Rumdah ke 7, FKUB Kunjungi Pura Lingga Buana

Guna meningkatkan kerukunan antar umat beragama, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Pekalongan berkunjung ke Pura Lingga Buana sebagai tempat peribadatan umat Hindu di Pantai Sari, Sabtu (21/1/2023). Ini kali ketujuh kunjungan FKUB ke rumah ibadah (rumdah) di Kota Pekalongan. 

Kegiatan ini turut dihadiri Kepala Kementerian Agama Kota Pekalongan, Kasiman Mahmud Deski dan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Pekalongan, M Taufiqu Rohman SSTP.

Ketua FKUB Kota Pekalongan, Drs H Ahmad Marzuki MPdI mengungkapkan bahwa kunjungan ini bersama dengan berbagai tokoh agama Islam, Kristen, Katolik, Budha, Konghucu, Organisasi Keagamaan, serta Kepala Kementerian Agama dan Kepala Badan Kesbangpol Kota Pekalongan. 

"Kunjungan ini merupakan tanda beragam umat beragama mulai bangkit dalam kebersamaan, berharap bisa menjadi contoh bagi daerah lainnya untuk merajut kebersamaan sehingga terbentuk kerukunan antar umat beragama," terang Kyai Marzuki. 

Sementara itu, Ketua Pengurus Pura Lingga Buana sekaligus Penasehat Parisada Hindu Dharma Indonesia setempat, Ketut Artika mengatakan, perbedaan tidak menjadi suatu masalah, namun bisa menjadi satu bagi bangsa dan negara. Saat ini umat Hindu berjumlah 70 jemaat dan 1 Pura. 

"Ke depannya semoga semakin terjalin kebersamaan agar Kota Pekalongan semakin kondusif dan aman. Harapannya semoga pemerintah semakin berkontribusi dalam pembangunan rumah ibadah, demi kemajuan umat beragama," tukas Ketut.