Kunjungan Perpus Kota Pekalongan 2022 Meningkat, Capai 100 ribuan Pengunjung

Beberapa strategi yang telah dilakukan oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Dinarpus) Kota Pekalongan, membuat jumlah kunjungan di perpustakaan daerah setempat meningkat cukup signifikan yang semula di tahun 2021 sekitar 63 ribu 695 pengunjung dan di tahun 2022 mencapai angka 105 ribu 743 pengunjung.

“Tahun 2022 kita punya ancang-ancang paling tidak kita bisa meningkatkan kunjungan karena salah satu indikator yang menunjukkan tingkat kegemaran membaca masyarakat itu banyaknya kunjungan selain itu ada juga nilai lama baca atau yang lainnya namun yang utama kita tingkatkan dulu kunjungan masyarakat untuk ke perpustakaan,” kata Kepala Dinarpus Kota Pekalongan, Soeroso melalui kabid perpustakaan, Ismanto.

Dengan total kenaikan kunjungan sekitar 40 ribuan, menurut Ismanto menjadi capaian yang patut disyukuri karena telah melebihi target yang telah ditentukan sebelumnya, terlebih setelah pandemi selama 2 tahun. Katanya, peningkatan ini tidak terlepas dari kegigihan bunda literasi baik kota maupun kecamatan untuk meningkatkan minat baca dengan melakukan kampanye gemar baca baik di sekolah maupun masyarakat.

“Kita upayakan sejumlah kegiatan untuk meningkatkan kunjungan dan untuk kedepan kita perlu kerja lebih agar dari kunjungan tadi juga bisa meningkatkan kualitasnya, dapat menjadi suatu gerakan gemar membaca di kota Pekalongan,” pungkasnya.

(Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)