KTP Digital Segera Diterapkan di Kota Pekalongan

Kota Pekalongan - Masyarakat Kota Pekalongan siap-siap beralih ke kartu tanda penduduk (KTP) digital. Peralihan ini akan dimulai tahun ini. Dimana, keamanan data penduduk dijamin oleh pemerintah. KTP digital adalah Kartu Tanda Penduduk dalam bentuk aplikasi di smartphone (ponsel pintar) yang dilengkapi QR Code. KTP jenis ini diproyeksikan menjadi identitas digital penduduk pada masa mendatang.

Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid mengungkapkan bahwa, KTP digital ini memiliki fungsi sama dengan KTP elektronik. Hanya saja, KTP digital dipindah ke gawai atau handphone, sehingga masyarakat tidak perlu repot membawa KTP yang sudah dicetak. Menurutnya, dalam waktu dekat, penerapan KTP digital di Kota Pekalongan bakal segera dilaunching. Aplikasi untuk mengakses KTP digital  dapat diunduh di Google PlayStore. KTP digital dapat diakses dengan mengunduh aplikasi bernama "Identitas Kependudukan Digital".

"Rencana launching KTP Digital di Kota Pekalongan semula mau hari ini tetapi karena ada beberapa hal sehingga masih perlu ditunda," ungkapnya saat dikonfirmasi dalam kegiatan Penanaman 16.100 bibit Mangrove di Kawasan Pesisir Pekalongan bersama Adaptation Fund Kemitraan, Rabu (21/9/2022).

Pihaknya berharap, penerapan KTP digital ini bisa langsung disosialisasikan ke masyarakat secara luas. Bahwa, KTP ini ke depan sudah tidak lagi berbentuk fisik, tetapi sudah ada yang berbentuk digital yang bisa tersimpan di Smarphone atau gawai masing-masing. KTP digital tidak serta merta menggantikan e-KTP fisik. Saat KTP Digital secara resmi mulai diberlakukan, masyarakat masih tetap bisa menggunakan e-KTP fisik. Penerapan KTP digital dilakukan secara bertahap. Pihaknya akan memulai dari jajaran ASN di Lingkup Pemkot Pekalongan, kemudian akan ditindaklanjuti ke masyarakat. 

"Mudah-mudahan pada saat sosialisasi ke masyarakat maupun dilaunching bisa lancar, karena dengan KTP Digital ini bisa lebih memudahkan masyarakat dalam mengurus KTP maupun KK," pungkasnya.


(Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)