KPU Kota Pekalongan Mulai Distribusikan Logistik Pemilu 2024

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pekalongan mulai mendistribusikan logistik Pemilu 2024  khususnya  4.450 kotak suara lengkap beserta surat suara dan bilik suara dari Gudang KPU yang berlokasikan di Jalan Industri, Kelurahan Setono, Kecamatan Pekalongan Timur ke lokasi penyimpanan logistik Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di 4 kecamatan yang ada di Kota Pekalongan, Sabtu (10/2/2024). Pendistribusian logistik pemilu 2024 secara simbolis ditandai dengan pelepasan burung merpati ke udara oleh Ketua KPU Kota Pekalongan, Fajar Randi Yogananda beserta jajaran, Ketua Bawaslu Kota Pekalongan, Miftahuddin, turut hadir Kapolres Pekalongan Kota, AKBP Doni Prakoso Widamanto, Kasdim 0710/Pekalongan, Mayor Arh Ahmad Thohir, Wakapolres Pekalongan Kota, Kompol Pujiono dan Jaksa Fungsional pada Kejaksaan Kota Pekalongan, Maziyah,SH. Distribusi logistik pemilu yang dikirim ke masing-masing kantor kecamatan menggunakan armada truk ini dilaksanakan selama 2 hari dan dikawal ketat oleh sejumlah personel kepolisian dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) setempat untuk memastikan logistik pemilu aman dan masih tersegel.

Ketua KPU Kota Pekalongan, Fajar Randi Yogananda mengungkapkan bahwa, mulai Sabtu, 10 Februari 2024, logistik pemilu 2024 di Kota Pekalongan sudah mulai di distribusikan ke masing-masing kecamatan oleh KPU Kota Pekalongan. Pendistribusian ini dilaksanakan selama 2 hari, Sabtu-Minggu, 10-11 Februari 2024 yang diawali dengan pendistribusian ke wilayah Kecamatan Pekalongan Barat pada Sabtu pagi dan Sabtu siang di Kecamatan Pekalongan Utara.

"Pada Sabtu pagi, 10 Februari 2024, kami mulai pendistribusian logistik ke Kecamatan Pekalongan Barat sejumlah 1.345 kotak suara, siangnya dilanjutkan ke wilayah Kecamatan Pekalongan Utara sejumlah 1.160 kotak suara ditambah biliknya. Adapun pertimbangan pendistribusian di wilayah Kecamatan Pekalongan Barat sebagai tujuan awal karena jumlah DPT nya terbanyak,"ucap Fajar.

Fajar menjelaskan, untuk Minggu pagi, 11 Februari 2024 logistik pemilu dilanjutkan dikirim ke Kecamatan Timur dan siang harinya terakhir untuk Kecamatan Pekalongan Selatan. Menurutnya, sebetulnya untuk pendistribusian logistik pemilu bisa saja dilaksanakan sehari selesai di 4 kecamatan, namun mengingat faktor cuaca tak menentu, maka demi keamanan pengiriman logistik, KPU mendistribusikan secara bertahap selama 2 hari. Pihaknya berharap, pada tanggal 11-13 Februari 2024, logistik Pemilu 2024 sudah terdistribusi dari mulai tingkat Kecamatan, Kelurahan dan TPS.

"Usai didistribusikan, kami berharap masyarakat di Kota Pekalongan dapat memanfaatkan pesta demokrasi lima tahunan ini dengan mendatangi Tempat Pemungutan Suara (TPS), dan menggunakan hak pilihnya sesuai dengan hati nuraninya,” harapnya.

Kapolres Pekalongan Kota, AKBP Doni Prakoso Widamanto, menegaskan, jajaran kepolisian dari Polres Pekalongan Kota ikut melaksanakan kegiatan pengawalan pendistribusian logistik dari Gudang KPU ke Gudang PPK di masing-masing kecamatan. AKBP Doni menyebutkan, selain menyiagakan personel jaga di Gudang KPU, Polres Pekalongan Kota juga  menyiapkan personel pengamanan maupun pengawalan dari gudang KPU ke gudang PPK kecamatan yang berjaga 1x24 jam.

"Di kecamatan kami juga sudah siapkan personel kepolisian untuk melakukan pengamanan 1×24 jam dalam rangka menjaga keamanan logistik pemilu Tahun 2024. Untuk pengawalan logistik, kami menyiapkan 1 pleton atau kurang lebih 30 personel dari Rainmas, sedangkan di gudang PPK kecamatan ada Satgas khusus yang diplotting dari masing-masing polsek, kurang lebih masing-masing 5 orang,"tukasnya.