KPU Kota Pekalongan Bekali ToT Fasilitator PPK dan PPS

Guna memastikan penyelenggara pemungutan suara di tingkat kecamatan dan kelurahan memahami tugas dan tanggungjawabnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pekalongan memberikan pembekalan Training of Trainer (ToT) bagi Fasilitator Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara se-Kota Pekalongan dalam Bimbingan Teknis Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk Pemilu 2024, berlangsung di Hotel Nirwana Kota Pekalongan, Selasa (23/1/2024).

Ketua KPU Kota Pekalongan, Fajar Randi Yogananda mengungkapkan bahwa, usai diberikan pembekalan ToT ini diharapkan dapat memberikan pemahaman dan mentransfer pengetahuan terkait 3 (tiga) hal utama yakni tugas pokok dan fungsi (tupoksi) dari KPPS, pemungutan dan penghitungan suara serta logistik yang akan digunakan untuk Pemilu 2024.

Setelah diberikan ToT ini, lanjutnya, para PPK dan PPS diharapkan bisa sharing pengetahuan dan melakukan bimbingan teknis (bimtek) kepada para anggota KPPS masing-masing wilayahnya yang akan dilaksanakan secara berjenjang mulai tanggal 26-29 Januari 2024.

"Setelah kegiatan ini, mereka bisa menjadi trainer untuk menyampaikan tiga hal pokok tadi kepada para anggota KPPSnya. Dimana, setelah KPPS dilantik, apa yang harus mereka kerjakan sampai dengan nanti pasca pemungutan dan penghitungan suara. Selain itu, mereka harus memahami teknis pemungutan dan penghitungan suara, serta logistik yang akan digunakan baik yang ada di dalam kotak maupun luar kotak suara,"pungkasnya.