Kota Pekalongan Sukses Gelar Lomba Rancang Busana dan Cipta Sarung Batik

Kota Pekalongan - Pemerintah Kota Pekalongan bersama dengan Designer Mode Kota Pekalongan (Desmoka) dan Dewan Kerajinan Kota Pekalongan terus mendorong perkembangan ekonomi kreatif sebagai roda perekonomian masyarakat, salah satunya dengan menyelenggarakan Lomba Rancang Busana Casual Ready to Wear Adaptasi Baru dan Lomba Cipta Sarung Batik Pekalongan yang diadakan sejak September lalu. Sepulah karya tampil pada malam grandfinal di Hotel Nirwana, Minggu malam (18/10/2020).

Meskipun di tengah pandemi, kegiatan ini berhasil menarik animo masyarakat terutama para perajin batik di Kota Pekalongan untuk ikut lomba Rancang Busana Casual Ready to Wear Adaptasi Baru maupun Lomba Cipta Sarung Batik Pekalongan. 

Walikota Pekalongan, HM Saelany Machfudz SE mengapresiasi komitmen penyelenggara yang terus mendorong perajin batik untuk tetap eksis di tengah pandemi ini. “Pandemi ini sangat berdampak terutama dalam sektor perekonomian, pelaku UKM Batik Kota Pekalongan mengalami kesulitan luar biasa dalam mempertahankan kelangsungan dan perkembangan usahanya,” tandas Saelany.

Disampaikan Saelany bahwa melalui progam ini tentunya akan mampu memulihkan ekonomi serta memicu aktivitas pelaku ekonomi agar segera bangkit. “Semoga melalui lomba ini dapat lebih memperkenalkan dan mempromosikan Kota Pekalongan sebagai kota Batik Dunia,” tutur Saelany.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah (Dindagkop-UKM) Bambang Nurdiyatman SH menambahkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan berkembangnya pengembangan usaha di Kota Pekalongan. “Kami berharap penyelenggaraan ini bermanfaat bagi pengembangan Kota Pekalongan, memantapkan Kota Pekalongan sebagai Kota Kreatif Dunia, serta meningkatkan ekonomi masyarakat di tengah pandemi ini,” ujar Dodik, sapaan akrabnya.

Hadir pula dalam kegiatan ini Sekda Kota Pekalongan Sri Ruminingsih SE MSi, para asisten, dan jajaran Kepala OPD Kota Pekalongan, dan juri serta peserta lomba.

(Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)