Kota Pekalongan Miliki Potensi Cagar Budaya yang Besar

Kota Pekalongan, Info Publik - Melihat potensi Kota Pekalongan yang kaya akan cagar budaya, Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan Pameran Cinta Cagar Budaya "Kunjungi, Lindungi, dan Lestarikan" di Museum Batik, Senin (19/11/2018) sampai Kamis (23/11/2018). Kegiatan ini untuk menanamkan nilai-nilai cinta budaya kepada anak-anak, pelajar, dan generasi muda di Kota Pekalongan. 

 

Usai membuka acara pameran, Senin (19/11/2018) Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga Kota Pekalongan, Sutarno SH MM menyampaikan pameran ini sangat penting sebagai benteng pengaruh kemajuan di era globalisasi. "Tentu itu akan membawa pengaruh positif maupun negatif, jangan sampai jiwa nasionalisme generasi kita terkikis," tutur Sutarno. 

 

Sutarno mengungkapkan ungkapan dari Sutarno bahwa bangsa yang yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarah. Bangsa yang tidak menghargai sejarah akan tergilas oleh sejarah itu sendiri. "Pameran ini jadi upaya pemerintah Jawa Tengah untuk meningkatkan nasionalisme. Harapannya akan terwujud suatu bangsa yang kuat dan bermartabat yang dihargai bangsa lain," ujar Sutarno. 

 

Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah yang diwakili oleh Kasubag Tata Usaha, Drs Sumardi MM menyampaikan bahwa pameran ini menjadi salah satu bagian dari sosialisasi informasi tentang budaya. "Kami mengajak masyarakat terutama anak didik untuk mulai ditanamkan sejak dini mencintai cagar budaya. Tentunya ini melalui proses pembelajaran dan pemahaman agar ke depannya dapat melestarikan warisan budaya," terang Sumardi. 

 

Dijelaskan Sumardi, melalui cagar budaya anak-anak akan memahami nilai-nilai budaya. Ditambah lagi Kota Pekalongan memiliki peran penting dalam jejak peradaban, salah satunya adanya museum batik yang dibangun pada era Belanda, yang telah diakui sebagai warisan dunia. "Untuk itu sangatlah tepat jika Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengajak masyarakat untuk bersama menggali informasi tentang cagar budaya di Kota Pekalongan," tukas Sumardi. 

 

(Tim Komunikasi Publik Kota Pekalongan)