Kota Pekalongan Miliki Layanan Vaksinasi Internasional dan Lab Patologi Anatomi

Kota Pekalongan - Pemerintah Kota Pekalongan terus meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Kini, dua pelayanan terbaru yakni  Layanan Vaksinasi Internasional dan Laboratorium Patologi Anatomi yang merupakan terobosan dari RSUD Bendan Pekalongan hadir siap beroperasi di tengah masyarakat. Launching dua layanan itu dilakukan secara langsung oleh Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid didampingi Ketua TP PKK Kota Pekalongan, Hj Inggit Soraya, Sekda Kota Pekalongan, Hj Sri Ruminingsih, Plt Direktur RSUD Bendan Pekalongan, dr Difayana, bertempat di Aula RSUD Bendan Pekalongan, Sabtu siang (21/5/2022). Launching juga bertepatan dengan Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-13 RSUD Bendan.

Walikota Aaf menyampaikan bahwa, dengan hadirnya dua pelayanan tersebut dalam rangka HUT ke-13 RSUD Bendan, maka pemerintah melalui rumah sakit selalu melakukan terobosan-terobosan terkait pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Menurutnya, di ulang tahunnya yang ke-13, pihaknya berharap RSUD Bendan bisa semakin maju dan bisa melayani masyarakat lebih baik lagi.

"Alhamdulillah di HUT ke-13 ini, RSUD Bendan  terus berinovasi dan melengkapi peralatan medis. Harapannya ke depan semua penanganan medis di masyarakat bisa terlayani di Kota Pekalongan melalui RSUD Bendan, supaya tidak perlu dirujuk ke luar kota apabila menderita penyakit tertentu," tutur Aaf.

Disampaikan Aaf, pelayanan medis di Kota Pekalongan bisa terus dimaksimalkan. Dengan hadirnya, dua layanan tersebut semakin memudahkan masyarakat dalam mengakses pelayanan kesehatan.

"Kami sampaikan selamat untuk RSUD Bendan atas launching layanan vaksinasi internasional dan laboratorium patologi anatomi, mudah-mudahan ini menjadi keberkahan dan solusi bagi masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih baik sesuai salah satu visi dan misi Saya dan Pak Wakil Walikota untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Kota Pekalongan," tegasnya.

Sementara itu, Plt Direktur RSUD Bendan Pekalongan, dr Difayana menjelaskan bahwa, di HUT ke-13 tahun 2022 ini,  RSUD Bendan melaunching pelayanan vaksinasi meningitis dan influenza dengan standarisasi dan sertifikat internasional, sehingga vaksin ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat yang hendak berangkat haji dan umroh. Sementara, laboratorium patologi anatomi juga menjadi salah satu inovasi RSUD Bendan Pekalongan, dimana pemeriksaan sel-sel baik sel normal, sel abnormal, sel ganas seperti kanker bisa terlayani di RSUD Bendan.

"Alhamdulillah RSUD Bendan Pekalongan menjadi rumah sakit tipe C yang pertama kali di Indonesia membuka layanan laboratorium patologi anatomi," ucap dr Difayana.

dr Difayana menyebutkan, sudah sekitar satu minggu ini, layanan vaksinasi internasional dan laboratorium patologi anatomi tersebut sudah beroperasi dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Sebelumnya, vaksin meningitis di Kota Pekalongan biasanya dilayani di jajaran Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) atau Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) di tingkat Pemerintah Daerah.

"Alhamdulillah untuk vaksinasi internasional per hari sudah ada 5-10 pasien terutama vaksin influenza, sementara untuk vaksin meningitis biasanya dimanfaatkan oleh biro haji plus, karena berdasarkan aturan Kemenkes RI kalau yang haji reguler biasanya  bisa dilakukan di puskesmas," tandasnya.

(Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)