Kota Pekalongan Miliki Agrowisata Baru Petik Kelengkeng

Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid melaunching Agrowisata Petik Kelengkeng di wilayah Kelurahan Soko Duwet, Kecamatan Pekalongan Selatan, Kota Pekalongan, Minggu (19/3/2023). Launching ditandai dengan penyerahan bibit kelengkeng kepada kelompok Tani Jaya Soko Duwet.

Usai melaunching Walikota Aaf bersama Dandim 0710/Pekalongan, Letkol Inf Rizky Aditya meninjau langsung potensi keberadaan kebun kelengkeng di wilayah tersebut.

 “ Alhamdulillah Agrowisata Kelengkeng sudah dilaunching. Alhamdulillah Saya juga sudah sempat mencicipi langsung bersama pak Dandim dan Pak Camat ternyata enak, daging buahnya tebal bijinya kecil,” tutur Aaf, sapaan akrabnya.

Aaf berharap, agrowisata petik kelengkeng tersebut bisa berjalan lancar dan berhasil sehingga dapat mengedukasi masyarakat dan pelajar.

" Mudah-mudahan dengan guyub rukun warga baik dari masyarakat, pemerintah, TNI dan POLRI, dan stakeholder terkait lainnya, adanya agrowisata ini menjadi inspirasi untuk kelurahan lainnya,” harapnya.

Camat Pekalongan Selatan Rusmani Budiharjo menambahkan, bibit yang ditanam di Agrowisata Kelengkeng tersebut sebanyak 40 bibit jenis kelengkeng jenis new kristal. 

“ Untuk lahannya seluas 248 meter persegi milik Aset Pemkot Pekalongan yang dipinjam Kelurahan Soko Duwet untuk pemberdayaan masyarakat,” terang Camat Pekalongan Selatan yang akrab disapa Didik tersebut.

Didik menambahkan, agrowisata kelengkeng tersebut pihaknya berkolaborasi dengan TNI dan POLRI dan Kelompok Pemuda Tani Jaya Soko Duwet.

" Kami berharap sinergitas yang baru dibangun tersebut tidak kendor dan terus semangat dalam memelihara kelengkeng yang sudah ditanam, sehingga dapat berkembang dan harapanya bisa menjadi sentra kelengkeng di dataran rendah,” pungkasnya.