Kota Pekalongan Jadi Ikon UKM Dekranasda Jateng Expo 2023 di Banjarmasin

UKM Dekranasda Jateng Expo 2023 di Duta Mall, Banjarmasin, Kalimantan Selatan menyita perhatian banyak kalangan di Banjarmasin. Expo kali ini Kota Pekalongan menjadi ikon, daya tarik teartrikal dan tarian batik disaksikan banyak pengunjung. Tak kalah menarik produk unggulan Kota Pekalongan yang dibawa ke Banjarmasin banyak diburu pengunjung. 

Ketua Dekranasda Provinsi Jawa Tengah,  Atikoh Ganjar Pranowo menyebutkan bahwa Kota Pekalongan kali ini menjadi ikon UKM Dekranasda Jateng Expo 2023. Kota Pekalongan memiliki banyak data tarik seperti batik tulisnya yang sangat halus dan terkenal dengan akulturasi budayanya.

"Dekranasda Jateng rutin mengadakan UKM expo sejak tahun 2018 ke provinsi berbeda-beda, pernah di Palembang, Makassar, dan ini di Banjarmasin. Ini menjadi bBmagian promosi produk-produk unggulan yang ada di Jawa Tengah," tutur Atikoh. 

Atikoh berharap UKM Jawa Tengah dapat menjalin kerjasama dan kolaborasi dengan usaha yang ada di Kalimantan Selatan ini. Dekranasda ingin memperkuat pemasaran dan produksi UKM sehingga harapannya dapat meningkatkan produk agar naik kelas dan dapat ekspor.

"Terkait ikon expo kali ini kami mengusung Kota Pekalongan, batik tulis khas Pekalongan sangat halus dan kaya akan akulturasi budaya, warna corak, dan motif. Respons luar biasa dari masyarakat Kalimantan Selatan, semoga semakin dapat bersinergi, penjualan tak hanya sebatas ketika pameran saja, tetapi juga selanjutnya," kata Atikoh. 

Sementara itu, Ketua Dekranasda Kota Pekalongan, Inggit Soraya menyampaikan terima kasih, Kota Pekalongan menjadi ikon UKM Dekranasda Jateng Expo. "Ini menjadi kehormatan bagian kami, harapannya Kota Pekalongan dapat dikenal luas lagi. Jika menyebut Kota Pekalongan harapannya tak hanya ingat batik yang berupa lainnya saja tetapi juga pakaian, aksesori, pernak-pernik, dan sebagainya," jelas Inggit. 

Inggit berharap acara ini dapat sukses digelar dan UKM di Jawa Tengah semakin naik kelas.