Kota Pekalongan Jadi Icon Pameran Inacraft 2023

Pada ajang Pameran International Handicraft Trade Fair (Inacraft) on October 2023 ini Kota Pekalongan menjadi icon, pasalnya pameran yang digelar di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (4/10/2023) ini bebarengan dengan momen peringatan Hari Batik Nasional (HBN) yang diperingati setiap 2 Oktober. 

Kompak Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta menteri dan stafnya mengenakan batik senada dengan jajaran Pemerintah dan Dekranasda Kota Pekalongan saat membuka pameran. Bahkan pameran Inacraft yang mengusung tema Youth, Collaboration & Creativity! ini digadang-gadang sebagai pameran terbesar di Asia Tenggara dan dibuka dengan tarian khas Pekalongan. 

Menjadi icon dalam gelaran Inacraft, Pemerintah Kota Pekalongan melibatkan 35 pelaku UKM di Kota Pekalongan. Presiden Jokowi mengunjungi stand-stand produk Kota Pekalongan dan bangga dengan hasil kreasi dari Kota Pekalongan. 

Ketua Dekranasda Kota Pekalongan, Inggit Soraya menyampaikan terima kasih, Kota Pekalongan menjadi icon utama dalam pameran Inacraft kali ini. "Ini menjadi kehormatan bagi kami Kota Pekalongan menjadi icon utama dalam Inacraft bertepatan pada momen Hari Batik, ini juga menjadi kebanggaan untuk kami karena Kota Pekalongan semakin diakui dan telah mendapat penghargaan dari UNESCO sebagai warisan budaya tak benda," ungkap Inggit. 

Disebutkan Inggit dari Dekranasda Kota Pekalongan membawa beberapa UMKM, dan tentunya di sini ratusan perajin batik mandiri dari Kota Pekalongan juga turut. "Harapannya UMKM ke depan semakin sejahtera, ini mulai bangkit kembali, banyak pameran dihelat, semoga omzet meningkat dan UMKM sejahtera," tandas Inggit. 

Dalam sambutan Presiden Jokowi menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan pameran yang dinilainya semakin baik dan menarik. “Saya melihat dari tahun ke tahun pameran Inacraft ini semakin baik dan semakin menarik, karena brand-nya sudah kita kenal semuanya, sebagai salah satu pameran produk kerajinan terbesar di Asia Tenggara,” ujar Jokowi.