Kota Pekalongan Dapat Tiga Nominasi Lomba HKG Tingkat Provinsi

Kota Pekalongan, Info Publik - Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Pekalongan masuk dalam nominasi dalam Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK tingkat Provinsi Jawa Tengah  tahun 2018. Menindaklanjuti pemilihan Lomba HKG ini, dilakukan penilaian TP PKK Kota Pekalongan menentukan kelurahan terpilih untuk masuk ke tingkat nasional, di Aula TP PKK Kota Pekalongan, Senin (3/12). 

 

Walikota Pekalongan, HM Saelany Mahfudz SE menyambut baik tim penilai Lomba HKG PKK Tingkat dari TP PKK Jawa Tengah. Sinergitas TP PKK dan Pemerintah Kota Pekalongan memberikan dampak positif bagi masyarakat. "TP PKK ikut andil dalam pembangunan Kota Pekalongan, banyak kegiatan yang bekerja sama dengan Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) mendapatkan respon positif di Kota Pekalongan," ungkap Saelany. 

 

Saelany memberikan apresiasinya kepada tiga kelurahan di Kota Pekalongan dapat dinilai dan disandingkan di Jawa Tengah untuk dinilai. Penghargaan ini harapannya dapat menjadi acuan bagi TP PKK untuk terus meningkatkan upayanya mensejahterakan masyarakat. "Kota Pekalongan berhasil masuk kategori terbaik Tertib Administrasi dari TP PKK di Kelurahan Sapuro Kebumen, Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) di Kelurahan Gamer, dan Halaman, Asri, Teratur, Indah, dan Nyaman (Hatinya) PKK di Kelurahan Tirto. Semoga ini dapat mengemukakan masyarakat dan dapat berbanding lurus dengan peningkatan layanan," terang Saelany. 

 

Ketua Tim Penilai HKG PKK Provinsi Jawa Tengah, Citrawati Tafif mengatakan bahwa banyaknya kegiatan PKK harus disesuaikan dengan perkembangan dan keterampilan personil. Lomba ini sudah digalakkan sejak tahun 2010 untuk pemilihan nominal terbaik TP PKK kategori kota dan kategori kabupaten. "Penilaian di Jateng untuk kategori Kota pada 3-6 Desember sedangkan untuk kategori Kabupaten pada Januari," paparnya. 

 

Kota yang masuk dalam nominasi tertib administrasi yakni Kota Tegal, Kota Pekalongan, dan Kota Surakarta, Pola asuh Anak dan Remaja nominasinya Kota Semarang, Kota Tegal, dan Kota Surakarta, UP2K nominasinya adalah Kota Tegal, Kota Pekalongan, dan Kota Surakarta, Hatinya PKK nominasinya adalah Kota Semarang, Kota Pekalongan, dan Kota Surakarta, dan Ivan Tes hanya Kota Tegal. Menurut Citra, bentuk penghargaan ini perlu dipilih pelaksana terbaik, bukan hanya untuk kegiatan sesaat tapi juga pembinaan berkelanjutan yang dilakukan secara berjenjang. 

 

Sekretaris TP PKK Kota Pekalongan, Sri Wahyuni mengaku menjagokan Kelurahan Tirto mendapat predikat terbaik dalam lomba Hatinya PKK, karena selain warganya yang sangat guyub, peduli dengan lingkungan, Kelurahan Tirto telah turut dalam lomba nasional. "Saya juga yakin untuk lomba UP2K ini juga mampu meraih predikat terbaik, pasalnya program pemberdayaan ini masyarakat Kelurahan Gamer memanfaatkan pisang mulai dari akar, batang, kulit, dan isinya menjadi lebih bernilai," pungkas Yuni.

 

(Tim Komunikasi Publik Kota Pekalongan)